Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dal Segno

Dal segno al fine dan dal segno al coda yang akan dibahas. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video sehingga mudah dimengerti .

Sebelum membahas itu, saya akan bahas terlebih dahulu arti kata dal segno dan lainnya, supaya lebih mudah dimengerti. Perlu diketahui bahwa istilah-istilah musik ini berasal dari Bahasa Itali.

D.S. = Dal Segno artinya dari tanda itu ( dal = dari ; segno = tanda ).

D.S.al Fine = Dal Segno al Fine artinya dari tanda itu dan berakhir pada bar yang ada kata fine, ( al = pada ; fine = akhir ).

D.S.al Coda = Dal Segno al Coda artinya dari tanda itu lalu ke to coda dan loncat ke tanda coda. ( coda = ekor / belakang ).

Lebih jelasnya, saya bahas satu persatu dengan menggunakan notasi dan video.

Di bawah ini adalah contoh D.S. ( Dal Segno )


gambar contoh dal segno


Klik gambar untuk memperbesar.

Pada bar ke-3 ada D.S. ( Dal Segno ) dan pada bar ke-7 ada tanda segno ( seperti huruf S dan garis miring). Jika notasi di atas dimainkan, maka akan dimulai dari bar ke-1 sampai bar ke-3 yang ada D.S. setelah itu akan loncat ke bar yang ada tanda segno ( bar ke-7 ) dimainkan sampai bar ke-8. Lihat video di bawah ini agar makin jelas.



Berikutnya D.S. al Fine, lihat gambar di bawah ini.


gambar contoh notasi dal segno al fine


Keterangan :

Pada bar ke-3 ada D.S al Fine, pada bar ke-6 ada tanda segno, pada bar ke-7 ada kata Fine.

Jika notasi di atas dimainkan, bar ke-1 sampai bar ke-3 (mainkan) kemudian loncat pada bar ke-6. Selanjutnya bar ke-6 dan bar ke-7 (mainkan) dan pada bar ke-7 berhenti karena ada kata Fine. Jadi selesai pada bar ke-7, bar ke-8 tidak dimainkan.

Untuk lebih jelasnya lihat video di bawah ini.



Selanjutnya kita bahas Da Segno al Coda ( D.S. al Coda). Lihat gambar di bawah ini.


gambar contoh notasi dal segno al coda


Keterangan :

Pada bar ke-2 ada D.S.al Coda, pada bar ke-4 ada tanda segno, pada bar ke-6 ada to coda, pada bar ke-8 ada tanda coda ( seperti tanda plus dan angka 0 ).

Jika dimainkan maka notasi mulai dimainkan pada bar ke-1 sampai bar ke-2. Setelah itu akan loncat ke bar ke-4 yang ada tanda segno. Kemudian mainkan bar ke-4 sampai bar ke-6 ( to coda ) setelah itu akan loncat ke bar ke-8 karena di situ ada simbol coda.

Supaya lebih jelas lihat video di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Dal Segno"