Prima Volta Seconda Volta

Prima volta, seconda volta dan terza volta yang akan dibahas. Pembahasan dilengkapi dengan gambar dan audio/video,  sehingga mudah dimengerti. 

Sebelum membahas  itu, saya akan bahas terlebih dahulu arti kata ketiga istilah tersebut di atas. Asal tahu saja ketiga istilah musik di atas berasal dari Bahasa Itali.

Prima volta artinya pertama kali ( prima = pertama ; volta = waktu ).
Seconda volta artinya kedua kalinya ( seconda = kedua ; volta = waktu )
Terza Volta artinya ketiga kalinya ( terza = ketiga ; volta = waktu )

Selanjutnya lihat notasi di bawah ini,


Keterangan :
Pada bar ke-5 ada angka 1 dan garis pembatas itulah yang disebut prima volta
Pada bar ke-6 ada angka 2 dan garis pembatas itulah yang disebut seconda volta
Pada bar ke-7 ada angka 3 dan garis pembatas itulah terza volta.

Perhatikan pada bar ke-1 ada titik dua ( : ) dan garis bar tebal artinya tanda pengulangan awal. Jika anda ingin lebih mengerti  tentang tanda ulang / garis bar, silakan buka postingan yang berjudul Garis Bar ( Barline ).

Pada bar ke-5 dan ke-6 ada tanda titik dua ( : ) dan garis tebal artinya tanda akhir pengulangan.
Dalam prima volta harus ada tanda akhir pengulangan itu, jika tidak ada tanda akhir pengulangan, maka tidak akan diulang. Begitu juga pada seconda volta dan terza volta harus ada tanda akhir pengulangan. 
Perhatikan pada bar ke-7 ( terza volta ), tidak ada tanda akhir pengulangan, artinya tidak akan diulang. Seharusnya jika menggunakan terza volta harus ada tanda akhir pengulangan. Notasi di atas hanya sebagai contoh saja, agar bisa membedakan antara yang pakai tanda akhir pengulangan dan yang tidak, lihat videonya di bawah.

Pada umumnya dalam sebuah lagu ada prima volta dan seconda volta, sedangkan terza volta sangat jarang. Selain itu kadang ada seconda volta 2. Ini hanya untuk referensi saja ya.

Baiklah kita lihat notasi di atas jika dimainkan, lihat video ini.


Pada video di atas, notasi dimainkan mulai dari bar ke-1 sampai bar ke-5.  Pada bar ke-5 ada tanda akhir pengulangan. Karena itu  notasi dimainkan lagi (diulang)  mulai  dari bar ke-1 sampai bar ke-4 kemudian meloncati bar ke-5 yang ada prima volta, dan masuk bar ke-6 yang ada seconda volta. Pada bar ke-6 ada tanda akhir pengulangan, oleh sebab itu notasi dimainkan lagi (diulang) mulai dari bar ke-1 sampai bar ke-4 kemudian meloncati bar ke-5 (prima volta) dan bar ke-6 (seconda volta), selanjutnya masuk pada bar ke-7, di situ tidak ada tanda pengulangan, seharusnya ada. Karena tidak ada tanda pengulangan maka notasi dimainkan mulai dari bar ke-7 sampai bar ke-8 ( selesai ).
Hanya konfirmasi, setiap menggunakan prima volta, seconda volta dan terza volta harus ada tanda akhir pengulangan. Karena ketiga volta tersebut merupakan tanda untuk pengulangan.
Semoga anda mengerti.






Belum ada Komentar untuk "Prima Volta Seconda Volta"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel