Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai Not Pada Not Angka

Nilai Not Pada Not Angka yang di-posting kali ini. Dilengkapi dengan gambar dan video / audio sehingga mudah dimengerti.

Saya pernah membahas nilai not pada not balok dan pernah membahas nilai not pada not angka sepintas. Kali ini akan dibahas nilai not lebih detail dari sebelumnya.

Lihat gambar notasi angka di bawah ini.


gambar nilai not angka


Setiap bar di atas memiliki 4 ketuk .

Tanda titik artinya nilai not yang mewakili 1 ketuk.

Angka 0 artinya tanda diam ( tanda istirahat ) yang mewakili 1 ketuk.

Tanda 1 garis di atas not artinya not itu nilainya dibagi 2.

Tanda 2 garis di atas not artinya not itu nilainya dibagi 4

Pada baris ke-1 ada not do ( 1 ) dengan 3 buah titik artinya bahwa not do itu memiliki nilai 4 ketuk.

Pada baris ke-2 ada not re ( 2 ) dengan 2 buah titik dan 1 buah angka 0 (tanda diam) artinya bahwa not re itu memiliki nilai 3 ketuk dan angka 0 bernilai 1 ketuk.

Pada baris ke-3 ada not mi ( 3 ) dengan 1 buah titik dan 2 buah angka 0 artinya bahwa not mi itu memiliki nilai 2 ketuk dan angka 0 bernilai 2 ketuk.

Pada baris ke-4 ada not fa ( 4 ) dan 3 buah angka 0 artinya bahwa not fa itu memiliki nilai 1 ketuk dan angka 0 bernilai 3 ketuk.

Pada baris ke-5 ada not sol dan la ( 5 dan 6 ) memiliki garis di atas dan angka 0 sebanyak 3 buah, artinya bahwa not sol dan la itu masing-masing bernilai 1/2 ketuk karena tanda sebuah garis di atas not artinya membagi 2 not tersebut. Kemudian angka 0 sebanyak 3 buah artinya bernilai 3 ketuk.

Pada baris ke-6 ada not si do si do ( 7 1 7 1 ) memiliki 2 garis di atas dan angka 0 sebanyak 3 buah, artinya bahwa not si do si do itu masing-masing bernilai 1/4 ketuk karena tanda 2 buah garis di atas not artinya membagi 4 not tersebut. Kemudian angka 0 sebanyak 3 buah bernilai 3 ketuk.

Jika notasi di atas dimainkan dengan tempo 60 maka suaranya akan seperti pada video di bawah ini.



Tempo 60 artinya 60 BPM ( Beat Per Minute ) atau 60 ketuk dalam 1 menit. Semakin besar angka pada tempo maka akan semakin cepat. Jika Tempo 90 artinya 90 BPM ( Beat Per Minute ) atau 90 ketuk dalam 1 menit.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Saya menggunakan not balok dalam video karena saya tidak punya aplikasi untuk not angka, namun sama saja mau not balok maupun not angka, suaranya tetap begitu.