Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Not Pakai Metronom

Cara membaca not menggunakan metronom dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan notasi sebuah lagu dan video metronom. Ini merupakan cara yang tepat untuk belajar membaca notasi.

Postingan ini ditujukan bagi yang belajar not angka atau not balok. Saya ambil contoh lagu Ode an die freude atau lebih dikenal dengan Ode To Joy ciptaan Ludwig Van Beethoven.

Mungkin anda akan kesulitan jika harus melihat notasi sekaligus metronom. Oleh sebab itu gunakan kaki anda, ikuti perpindahan ketukan metronom dengan kaki anda, caranya angkat kaki dan injak lantai, saat kaki menginjak lantai harus sama dengan perpindahan ketukan yang ada pada metronom. Misalkan anda menggunakan suara metronom maka setiap terdengar suara posisi kaki harus dalam menginjak lantai. Gunakan metronom android ikuti suara dari metronom atau lampu perpindahan. Jika anda belum punya metronom android, silakan download di Play Store. Kemudian setel tempo 60, birama 4/4.

Lihat norasi lagu di bawah ini dalam notasi angka dan balok.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


notasi ode to joy not angka dan not balok


Tempo 60 artinya 60 BPM = 60 beat per minute atau 60 ketuk dalam 1 menit. Birama 4/4 artinya ada 4 ketuk dalam setiap bar.

Pada bar ke-1 sampai bar ke-3 masing-masing not bernilai 1 ketuk dalam not angka. Artinya setiap 1 detik not berpindah.

Pada bar ke-4 ada angka 3 ( not mi ) bernilai 1 1/2 ketuk karena ada tanda titik 1/2 ketuk dan angka 2 bernilai 1/2 ketuk. Kemudian angka 2 lagi bernilai 1 ketuk dan angka 0 ( tanda diam ) 1 ketuk.

Pada bar ke-5 sampai ke-7 masing-masing not bernilai 1 ketuk = 1 detik

Pada bar ke-8 ada angka 2 ( not re ) bernilai 1 1/2 ketuk dan angka 1 ( do ) bernilai 1/2 ketuk. Selanjutnya angka 1 bernilai 1 ketuk dan angka 0 ( tanda diam ) bernilai 1 ketuk.

Berikutnya tidak perlu dijelaskan karena anda pasti sudah mengerti.

Tanda garis 1 di atas artinya membagi not yang di bawahnya.

Tanda titik artinya bahwa not sebelumnya bertambah nilai notnya 1 ketuk.

Tanda satu titik di bawah angka ( not ) artinya not itu lebih rendah 1 oktaf.

Agar lebih jelas, dengarkan videonya - not balok dinaikkan 1 oktaf.



Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Membaca Not Pakai Metronom"