Membaca Not Pakai Metronom

Cara membaca not menggunakan metronom dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan notasi sebuah lagu dan video metronom.  Ini merupakan cara yang tepat untuk belajar membaca notasi.

Postingan ini ditujukan bagi yang belajar not angka atau not balok. Saya ambil contoh lagu Ode an die freude atau lebih dikenal dengan Ode To Joy ciptaan Ludwig Van Beethoven.
Lihat notasi lagu tersebut dengan nada dasar C di bawah ini.






Jika anda belum tahu cara membaca not angka atau not balok, silakan anda buka postingan yang berjudul, ( tinggal klik judulnya ).

Tempo Musik
Nilai Not dan Tanda Diam ( untuk not balok )
Nilai Not  Pada Not Angka  ( untuk not angka )
Tangga Nada C 
Cara Membaca Not Angka ( untuk not angka )
Cara Membaca Not Balok ( untuk not balok )

Baca notasi di atas dengan tempo 60 mengikuti ketukan metronom pada video di bawah ini. Mungkin anda akan kesulitan jika harus melihat notasi sekaligus metronom.  Oleh sebab itu gunakan kaki anda, ikuti perpindahan ketukan metronom dengan kaki anda, caranya angkat kaki dan injak lantai, saat kaki menginjak lantai harus sama dengan perpindahan ketukan yang ada pada metronom. Perhatikan lampu perpindahan ketukannya.




Jika anda benar membaca notasi di atas, maka suaranya akan sama dengan video di bawah ini.



Setelah anda bisa membaca notasi di atas, sekarang coba ganti temponya menjadi tempo 110.




Kalau sudah bisa tempo 110, mainkan dengan cara mengikuti beat drum di bawah ini. Mainkan alat musikmu setelah mendengar 4 ketuk suara snare drum.



Jika anda melakukan kesalahan dalam membaca, kemungkinannya melodi anda fals atau mungkin melodi anda akan balapan dengan beat drum dalam video. Latih terus sampai anda bisa. Jika sudah bisa, suaranya akan seperti video di bawah ini.



Semoga anda suka dengan latihan ini.










Belum ada Komentar untuk "Membaca Not Pakai Metronom"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel