Arti Backing Track

Arti backing track atau definisi backing track adalah iringan musik yang direkam untuk pemain musik atau penyanyi. Fungsi backing track sebagai audio pendukung.

Pengertian backing  track cukup luas, bisa berupa  aransemen sederhana, misalnya suara gitar dan biola, bisa berupa aransemen musik komplit seperti karaoke, bisa berupa  latar vocal dan lainnya. Apapun jenisnya harus dalam bentuk sebuah rekaman. 

Sesungguhnya backing track ini hanya sebagai pendukung, jadi sifatnya tidak lengkap. Misalnya anda seorang penyanyi dan anda tidak punya band pengiring,  kemudian anda diundang untuk bernyanyi di sebuah acara tertentu.  Untuk mencari pemain band perlu waktu bahkan perlu biaya dan latihan bersama. Pakai pemusik biasa misalnya pemain gitar, kurang mantap.  Satu-satunya cara yang baik adalah menggunakan musik karaoke.  

Saya pernah melihat beberapa artis menggunakan backing track ( karaoke ) saat tampil di panggung. Hal ini mereka lakukan karena dengan menggunakan karaoke maka waktu tidak terbuang banyak. Coba jika pakai band, mungkin tidak cukup sekali latihan. Apalagi jika membawakan beberapa lagu. Intinya jika pakai musik karaoke lebih irit waktu.
Selain itu, dengan menggunakan karaoke - suara musik akan lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan pemain band ( live ) yang suaranya tentu saja tidak jernih. Jadi mutu suara penyanyi akan tetap terjaga. Coba penyanyi professional  bernyanyi  diiringi band yang kurang bagus dengan sound yang biasa. Hasilnya mungkin suara penyanyi terbawa kurang bagus. 
Mungkin masih banyak lagi pertimbangan, mengapa artis menggunakan backing track daripada live musik. Namun hanya mereka yang tahu apa alasannya, mungkin setiap artis tidak sama alasannya.

Hal lain,  seringkali artis diundang bernyanyi lalu  mereka bernyanyi dengan cara Lip Sync. Cara ini bagi penonton kurang diinginkan karena si penyanyi hanya menggerakkan bibir saja. Namun bagi penyanyi cara  ini adalah hal yang baik. Alasanya dengan tampil lip sync maka suara dan musiknya akan jernih. Apalagi jika mereka menggunakan CD albumnya sendiri yang biaya rekamannya mahal.  Pastinya jernih dan enak didengar. Selain itu si penyanyi bisa lebih leluasa saat di panggung, penyanyi bisa melakukan tari / dance atau koreo dengan baik dibanding harus korea sambil menyanyi.

Pada awalnya kehadiran backing track ada yang pro dan kontra sama seperti kalau ada sesuatu yang baru, pasti ada pro dan kontra. Namun apa boleh buat  bahwa backing track itu telah membantu banyak artis yang sudah professional maupun yang amatir.  
Di luar negeri  ada orang yang suka membuat backing track kemudian dijual. Dengan kata lain bahwa backing track sudah dikomersilkan. Akhirnya backing track itu menjadi “sesuatu”.

Jika anda ingin tahu backing track sederhana untuk belajar melodi lagu atau melodi improvisasi, silakan anda buka postingan yang berjudul ,


Backing track di atas saya bikin menggunakan aplikasi musescore -  aplikasi gratisan untuk membuat aransemen musik. 
Semoga anda menyukainya.




Belum ada Komentar untuk "Arti Backing Track"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel