Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backing Track 1 O Ina Ni Keke

Latihan membaca not balok dan not angka dengan menggunakan backing track lagu O Ina Ni Keke. Cara seperti ini cukup menyenangkan untuk belajar melodi lagu maupun melodi improvisasi.

Lagu O Ina Ni Keke adalah lagu daerah Sulawesi Utara dan nama penciptanya tidak diketahui. Lagu ini akan dijadikan bahan untuk latihan. Lihat not angka dan not balok di bawah.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gabung lagu o ina ni keke not angka dan not balok


Not angka dan not balok di atas persis sama jika dimainkan. Di dalam notasi tersebut ada tanda pengulangan pada verse ( bait ), pada chorus ( refrain ) pun ada tanda pengulangan. Jika anda ingin lebih tahu tentang tanda pengulangan silakan baca postingan berjudul Garis Bar ( Barline ).

Kemudian di situ juga ada tanda prima volta dan seconda volta. Jika anda ingin lebih mengerti tentang tanda prima volta, seconda volta, dan terza volta silakan baca postingan yang berjudul Prima Volta Seconda Volta.

Sebaiknya stem terlebih dahulu alat musikmu agar standar, setelah itu coba mainkan notasi di atas. Jika anda sudah merasa bisa, silakan mainkan dengan mengikuti video di bawah ini. Notasi mulai dimainkan setelah mendengar 3 ketuk suara snare drum.



Musik di atas bisa dipakai untuk latihan melodi lagu O Ina Ni Keke sekaligus bisa digunakan untuk belajar improvisasi melodi.

Jika anda ingin tahu, betul atau tidak yang anda mainkan, silakan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika yang anda mainkan sama dengan video artinya anda benar.



Dalam dunia musik, musik tanpa vocal atau melodi lagu disebut backing track. Jika anda ingin lebih mengerti tentang istilah backing track silakan baca postingan yang berjudul Arti Backing Track.

Baca juga postingan lain untuk memperdalam bermain melodi anda dalam judul

Backing Track 2 Bungong Jeumpa, aransemen musiknya agak dangdut.

Backing Track 3 Bubuy Bulan

Semoga bermanfaat.