Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aransemen Fingerstyle Gitar

Cara aransemen fingerstyle gitar yang akan dibahas kali ini. Mungkin istilah tepatnya kerangka / susunan aransemen fingerstyle gitar.

Dalam bermain fingerstyle gitar ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar permainannya terdengar mantap, di antaranya

Ke-1, pilih lagu yang tepat.

Lagu itu bermacam-macam, ada yang mudah, sedang dan sulit. Ketika kita bermain fingerstyle gitar sebaiknya kita lihat kemampuan kita. Jika kemampuan kita ada pada tahap lagu mudah, jangan mainkan lagu yang sulit. Itu namanya memaksakan diri. Sebaiknya bermain dengan lagu mudah, atau main dengan lagu yang sedang (maksimal). Jadi sesuaikan kemampuan dengan lagu yang akan dimainkan. Asal tahu saja yang dimaksud lagu sulit, misalnya secara nilai not memiliki notasi 1/32 not dan 1/64 not, secara tehnik gitar misalnya ada tehnik artificial harmonic dan tehnik lainnya yang sulit. Susunan notasinya rumit, saya tidak akan membahas panjang lebar.

Ke-2, pilih jenis musik yang cocok.

Setelah menentukan lagu, kemudian musik apa yang cocok dengan lagu yang telah dipilih. Misalnya anda memilih musik dangdut.

Ke-3, pilih ritem ( genjrengan / petikan )

Jenis musiknya sudah dipilih (dangdut) selanjutnya anda harus tahu cara memainkan ritem dangdut. Cari tipe ritem yang cocok dan mudah untuk lagu itu.

Ke-4, pilih bas

Jenis musiknya dangdut, tinggal anda cari variasi bas dangdut yang cocok dengan lagu itu. Kalau bisa cari yang paling mudah agar saat memainkan fingerstyle dengan perkusi tidak kagok.

Ke-5, pilih perkusi

Pilih variasi perkusi dangdut yang cocok dengan lagu itu. Dalam memilih beat perkusi, usahakan yang paling mudah, namun jangan lupa nuansa dangdutnya harus ada.

Ke-6, Melodi

Maksud melodi di sini adalah melodi lagu yang akan dimainkan. Di sini anda harus betul-betul hapal melodi lagu. Ada 2 hal yang paling penting dalam melodi yakni notasi dan nilai not. Selebihnya sebenarnya penting juga, misalnya dinamika, artikulasi musik dan lainnya. Namun tidak harus lengkap dulu.

Ke-7, variasi dan improvisasi

Ini adalah bagian mempercantik aransemen fingerstyle gitar. Variasi dan improvisasi ini bermacam-macam, anda bisa memberi variasi misalnya, chord, perkusi, bas dan bisa memberi improvisasi melodi dan lainnya. Ini bagian terpenting dalam aransemen musik. Biasanya orang-orang yang lumayan bagus dalam bermusik yang memiliki skill variasi dan improvisasi ini.

Selain hal-hal di atas, sebuah aransemen fingerstyle tidak beda jauh dengan aransemen musik yang umum. Ada kerangkanya ada aturannya, jika anda ingin tahu tentang aransemen musik, silakan buka postingan yang berjudul Belajar Aransemen Musik.

Bermain fingerstyle itu harus ada “sesuatunya”. Andaikata anda bermain fingerstyle dan terdengar biasa saja, itu tidak apa-apa, yang penting ada sesuatu di dalamnya. Misalnya anda bermain lagu “Bintang Kecil”, jika anda bermain dengan melodi yang pas, ada genjrengannya, ada bas-nya dan ada ketukan perkusinya, maka itu menjadi “sesuatu. “ Walaupun hanya lagu anak-anak namun orang akan kesulitan ketika meniru yang anda mainkan. Pasalnya anda bermain dengan 4 unsur, melodi, genjrengan, bas dan perkusi. Dalam fingerstyle gitar bermain 4 unsur adalah sulit.

Semoga postingan ini memberi inspirasi bagi anda terutama pemain gitar fingerstyle. Bagi anda yang baru belajar fingerstyle gitar, sebaiknya belajar dengan rajin karena fingerstyle gitar pada dasarnya adalah tehnik bermain gitar yang sulit.

Semoga postingan ini berguna.

Posting Komentar untuk "Aransemen Fingerstyle Gitar"