Indonesia Raya 3 Stanza

Lagu Indonesia Raya dulunya berjudul Indonesia Merdeka diciptakan oleh Wage Rudolf Soepratman. Pertamakali dimainkan pada Kongres Pemoeda ( Kongres Pemuda ) tahun 1928.

Ketika Jepang menduduki Indonesia tahun 1942. Lagu Indonesia Raya segera dilarang dikumandangkan, walau sebelumnya Jepang sempat menyiarkan lagu ini lewat Radio Jepang - untuk mengambil hati "saudara mudanya". Tapi setelah merasa kedudukannya goyah, Jepang membentuk Panitia Lagu Kebangsaan pada tahun 1944.

Setelah Jepang meninggalkan Indonesia ( karena Perang Dunia II   Bom Hiroshima dan Nagasaki dan lainnya ), sampai Agustus 1948 belum ada keseragaman, hingga dibentuklah Panitia Indonesia Raya pada 16 November 1948. Baru pada 26 Juni 1958 keluar peraturan pemerintah tentang lagu Indonesia Raya dalam enam bab khusus yang mengatur tata tertib, sampai keseragaman nada, irama, kata, dan gubahan lagu.

Lagu Indonesia Raya memiliki 3 stanza aslinya.
“Semoga ditularkan kepada seluruh sekolah. Karena upacara bendera di setiap sekolah harus menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' tiga stanza,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam sambutan pemberian penghargaan guru dan tenaga kependidikan berprestasi di gedung Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (19/8/2017).

Baiklah kita lihat Indonesia Raya lengkap ( Indonesia Raya 3 Stanza ).



Kesimpulannya bahwa Lagu Indonesia Raya harus dinyanyikan secara utuh. Selama ini kita tahu bahwa lagu Indonesia Raya biasanya dinyanyikan 1 stanza. 
Hidup Indonesia !






Referensi
Gerenimo.fm
Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "Indonesia Raya 3 Stanza"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel