Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Grace Note Musik

Arti Grace Note atau Grace Notes ( bentuk jamak) adalah jenis ornamen pada musik yang biasanya berbentuk not lebih kecil daripada not yang normal. Contoh gambar dan videonya di bawah ini.

Sebenarnya dalam musik dikenal 2 grace notes yakni

Grace note pendek atau lebih dikenal dengan acciaccatura. Berbentuk not kecil dengan garis miring melewati tangkai dan bendera not. Umumnya nilai not acciaccatura adalah 1/32 not.

Grace note panjang atau lebih dikenal dengan appoggiatura. Berbentuk not kecil sama dengan not bernilai 1/4 not. Nilai not ini umumnya 1/2 dari not di depannya. Contohnya jika not di depan appoggiatura adalah not 1/4 maka nilai notnya 1/8.

Selain kedua not di atas, di dalam musik ada lagi not kecil di antaranya,

Grace note 1/4

Grace Not 1/16

Grace Not 1/32

Ketiga grace note di atas posisinya di belakang not normal. Jadi posisinya sama dengan acciaccatura dan appoggiatura. Namun ada juga yang posisinya di depan not normal di antaranya,

Grace note depan 1/8

Grace Note depan 1/16

Grace Note depan 1/32

Supaya lebih jelas, silakan notasi di bawah ini


gambar notasi grace pada not balok


Lebih jelas lagi dengar video di bawah ini.



Dalam video di atas ada beberapa notasi yang tidak aktif ( tidak bunyi ), harusnya notasi itu bunyi. Postingan ini akan saya update nanti setelah ada perbaikan dari software musescore atau setelah saya dapat informasi tentang yang tidak bunyi itu.

Mungkin banyak orang yang belum paham betul tentang grace note ini. Untuk apa grace note ini dan apa kegunaannya yang utama ?

Sesungguhnya grace note ini untuk notasi yang tidak bisa dijangkau oleh notasi normal. Misalnya sebuah not 1/4 dibagi 2 menjadi not 1/32 dan sisanya. Jadi nilai notnya tidak sama, kalau nilai notnya sama pakai tuplet saja.

Semoga postingan ini berguna.

Posting Komentar untuk "Grace Note Musik"