Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Artikulasi Musik

Artikulasi dalam musik dan vokal (sedikit) yang dibahas, contohnya staccato, portato, staccatissimo, marcato dan legato ( slur ), disertai gambar dan audio / video sehingga mudah dimengerti.

Dalam istilah vocal ( seni suara ), artikulasi berarti pengucapan kata-kata. Anda mungkin pernah dengar di sebuah lomba menyanyi di televisi, seorang juri mengatakan “ artikulasi kamu bagus “ artinya bahwa setiap kata yang diucapkan peserta itu adalah betul.

Pada postingan ini yang akan saya bahas tentang artikulasi dalam musik. Sebenarnya banyak istilah yang dipakai dalam musik dipakai juga dalam vocal dengan arti yang sama.

Dalam musik ada beberapa artikulasi di antaranya,

Staccato artinya membunyikan nada dengan terputus putus. Sebenarnya kalau kita teliti, staccato ini boleh dibilang pengurangan durasi not. Misalnya ada sebuah not berdurasi 1 detik, 3/4 not aktif dan 1/4 not tidak aktif menjadi tanda diam.

Portato artinya setengah staccato atau orang suka bilang semi-staccato. Ini termasuk staccato yang tanda diamnya lebih sedikit dari staccato.

Staccatissimo artinya nada yang dimainkan terputus-putus lebih dari staccato. Dengan kata lain kalau ada nada yang paling terputus-putus maka disebutnya staccatissimo.

Lebih jelasnya lihat gambar notasi di bawah ini.


gambar notasi staccato, slur, marcato dll


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Pada bar ke-2 ada staccato posisinya berada di atas kepala not karena tangkai not ada di bawah. Jika tangkai not ada di atas, maka staccato akan berada di bawah. Dengan kata lain bahwa penulisan staccato dekat kepala not, bisa di atas bisa di bawah.

Pada bar ke-6 dan ke-8 ada portato, penulisannya sama dengan staccato.

Pada bar ke-10 dan ke-12 ada staccatissimo, penulisannya sama dengan portato ( dekat kepala not ).

Di bawah ini adalah video dari notasi di atas. Perhatikan perbedaan suara dari 3 istilah tersebut.

Jika komputer anda dilengkapi dengan speaker yang lumayan bagus maka anda akan bisa membedakan suara dari staccato, portato, dan staccatissimo.

Berikutnya,

Marcato artinya memberi penekanan pada not sehingga not tersebut lebih keras dari not yang lain. Dengan kata lain bahwa not tersebut lebih menonjol dibanding not yang lain.

Legato ( Slur ) artinya memainkan nada dengan tidak putus. Misalnya jika ada 3 not dalam 1 bar, kemudian diberi tanda legato ( garis lengkung ) pada not ke-1 sampai ke-3, ketika dimainkan, ketiga notasi itu tidak boleh putus, harus nyambung. Legato ini boleh dibilang kebalikan dari staccato. Kalau staccato terputus-putus, legato terhubung. Lebih jelasnya lihat gambar di atas ( legato ).

Jika notasi di atas dimainkan, maka suaranya akan seperti video di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.