Jembatan Chord / Chord Penghubung

Jembatan chord  ( Bridge Chord ) atau chord penghubung   merupakan chord  sisipan di antara 2 chords. Fungsinya untuk memperindah musik.  Frank Bridge yang pertama kali mengenalkannya.

Banyak orang yang mencari rumus  bridge chord atau formula bridge chord / jembatan chord, namun sampai sekarang belum ada rumus jitu untuk jembatan chord ini. 
Pada postingan kali ini saya membahas  jembatan chord berdasarkan pengalaman. Maksudnya  jembatan chord yang sering saya mainkan. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


Lihat gambar di atas, 
Ketika C akan ke Am dalam lagu lambat enaknya diberi jembatan Em7 namun jika lagunya cepat enak pakai Em supaya tidak ribet pegang chordnya.
Ketika C akan ke Dm gunakan jembatan A7 atau A saja.
Ketika C akan ke F gunakan jembatan C7 atau Gm
Ketika C akan ke G gunakan jembatan Dm atau Dm7.
Semua jembatan chord di atas merupakan jembatan chord yang paling sering dipakai pemain musik.

Pertanyaannya : kenapa C ke Em tidak ada dan C ke Bdim tidak ada ?
Bukankah susunan C atau famili  chord dari C adalah C – Dm – Em – F – G  – Am – Bdim ?.

C ke Em harusnya menggunakan Bdim7 namun dalam musik pop chord Bdim7 ini termasuk “tidak biasa”.  Kalau dalam musik jazz ketika nada dasar C kemudian mau ke Em, pakai Bdim7 enak. Namun dalam musik pop  “ tidak enak” jika pakai Bdim7. 

C ke Bdim tidak ada, karena dalammusik pop Bdim ini sangat jarang digunakan jika nada dasarnya C. Suara Bdim terdengar  “tidak enak”, sementara pemusik  mencari yang enak atau harmonis. Sebenarnya masalah enak atau tidak enak adalah masalah selera. Andai kita sering mendengar lagu yang menggunakan Bdim, pastinya Bdim itu akan disebut biasa dan enak suaranya. 

Sekarang coba perhatikan gambar jembatan chord di atas,   jembatan chord itu posisinya selalu berada pada tingkat ke-5 dari chord tujuan. Contohnya jika C tujuannya Dm maka jembatannya A. Jika D tingkat 1 maka tingkat 5-nya adalah A, hitungannya  D, E, F, G, A.  

Dalam bas gitar posisi chord jembatan berada di atas chord tujuan. Contohnya jika chord tujuan Dm maka jembatannya  A karena posisi  A berada di atas chord Dm.
Contoh lain jika C ke F jembatannya C7 karena di atas bas F ada bas C, tinggal diberi 7.
Jika menghitung tingkat kelima dari F adalah F, G, A, B, C jadi C tingkat ke-5 dari F.  
Seringkali jembatan chord diberi 7, bisa major 7 atau minor 7.

Selain chord jembatan di atas, dalam nada dasar C ada chord lain ( famili chord ) yang juga sering menggunakan  chord jembatan  diantaranya, 
Ketika Am akan ke F menggunakan chord jembatan G.
Ini hal yang menarik karena chord G ini bisa menjadi jembatan sekaligus bisa menjadi passing chord. 

Satu hal yang perlu diingat bahwa tidak semua jembatan chord bisa digunakan pada lagu. Ada dimana sebuah lagu tidak perlu diberi  jembatan chord, namun ada juga yang perlu. Singkat kata tergantung lagunya. Jadi jembatan chords ini harus dipakai di saat yang tepat. Sifatnya tidak wajib.
Semoga postingan ini berguna bagi anda.




NB:
Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar.
Saya akan menjawab secepatnya. Jangan ragu untuk bertanya terutama bagi yang baru belajar chords. Bagi anda yang sudah lumayan atau mahir, silakan memberikan masukan agar blog ini makin mantap. Berbagi ilmu itu baik. 


5 Komentar untuk "Jembatan Chord / Chord Penghubung"

  1. Apakah jembatan chord itu pasti dihitung dengan nada kelima dari chord tujuan, atau dari sebelah chord tujuan? Misal chord C ke F, mengapa jembatannya harus memakai C7? Dan apakah bisa menggunakan chord Edim? Terima kasih 🙏.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak ada teori yang pasti untuk jembatan chord hingga saat ini. Saya menulis di atas berdasarkan pengalaman dan pengamatan subjektif. Umumnya orang menggunakan jembatan chord seperti yang saya tulis di atas. Namun ada juga yang tidak begitu. Contohnya ketika C ke F umumnya orang menggunakan C7 padahal menggunakan Gm juga bisa (kadangkala digunakan).
      Apakah bisa menggunakan Edim ?, jawabnya bisa saja jika memang notasinya mendukung untuk Edim. Namun umumnya orang menggunakan Edim7 sebagai jembatan, maksudnya chord dim7 yang sering digunakan.
      Semoga jawaban ini bermanfaat.
      Saya senang anda telah bertanya dan pertanyaan anda betul-betul bagus.

      Hapus
    2. Terima kasih banyak atas penjelasannya, jawaban ini sangat bermanfaat bagi saya.

      Hapus
  2. Nama Teori jembatan chord itu : secondary dominant, dan secondary diminished

    Dan ada juga variasi chord dengan nama Negative Harmoni, atau negative minor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk masukannya
      Ya, dalam terori musik ada istilah secondary dominant, secondary diminished dan negative harmony.
      Jika anda ingin berbagi ilmu chords atau teori musik, silakan kirim melalui formulir kontak. Nanti akan saya update postingan ini (ditambahkan) agar blog ini makin komplit. Blog ini memperbolehkan pengunjung memberikan artikel untuk diposting di sini. Syaratnya harus relevan dengan tema blog ini.

      Hapus
Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel