Ornamen Musik

Ornamen musik seperti trill, tremolo, mordent, turn, prall, appoggiatura, acciaccatura dan glisando yang dibahas menggunakan gambar dan audio, sehingga mudah dimengerti.

Baiklah kita lihat gambar ornamen di bawah ini.


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Perhatikan bentuk dari tanda ornamen di atas, saya tidak akan membahas tandanya. Jika ada yang tidak jelas,  silakan bertanya di kotak komentar. Notasi di atas menggunakan jeda masing-masing 1 bar  ( bar kosong ) agar  mudah membedakan antara yang satu dengan yang lainnya.

Trill adalah pergantian yang cepat antara not yang diberi tanda trill dengan not di atasnya, misalnya yang diberi tanda trill not C maka not di atasnya D. Jadi trill ini menggunakan 2 not dimainkan dengan cara bergantian, umumnya setiap not bernilai 1/32.
Selain itu ada trill yang menggunakan 1 not yang disebut trillo atau lebih dikenal dengan  istilah tremolo. Dalam tremolo terdapat beberapa nilai not di antaranya not  1/16, 1/32 dan lainnya.


Mordent adalah pergantian yang cepat antara not yang diberi tanda mordent dengan not lainnya. Mordent ada 2 macam yakni mordent atas dan mordent bawah (dengar videonya agar lebih jelas). Mordent ini memiliki beberapa versi. Yang saya gunakan adalah versi musescore.


Turn dan reverse turn boleh dibilang tidak beda jauh dengan mordent bedanya turn lebih sedikit notasinya ( dengar videonya supaya lebih jelas ).


Prall Up dan Prall Down, ( dengar videonya supaya lebih jelas ).


Appoggiatura adalah not tambahan yang bentuknya kecil. Umumnya nilai not dari not tersebut adalah setengah dari not di depannya.

Acciaccatura adalah not tambahan yang bentuknya kecil dan memiliki garis pada tangkai dan bendera not balok. Umumnya nilai not  dari acciaccatura  sekitar 1/32.

Glissando adalah slide dari satu not ke not lain. Jadi harus ada 2 not, bisa not yang lebih rendah atau not yang lebih tinggi. Slide adalah pergerakan dari sebuah not ke not lain dengan berurutan setiap  not 1/2 atau kromatik. Misalnya dari C ke E , maka slide akan melewati C#, D, D#, berhenti di E.

Supaya lebih jelas, silakan dengar notasi di atas dalam video di bawah ini.


Jika dalam video di atas ada yang tidak cocok dengan yang anda tahu, misalnya mordent, harap dimaklum. Seperti yang saya katakan bahwa ornamen ini tidak sama, beda jaman beda nadanya.  Walaupun ada perbedaan namun tidak semuanya beda.
Semoga anda mengerti.





Belum ada Komentar untuk "Ornamen Musik"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel