Cara Membuat Not Angka Lagu

Cara membuat not angka lagu, maksudnya membuat not angka dari lagu yang kita  dengar.  Postingan ini terutama bagi anda yang sudah punya dasar musik atau anda yang sekedar ingin tahu. 

Banyak orang yang mahir membuat not angka atau not balok dari lagu yang didengar. Mungkin mereka bisa membuat notasi kurang dari 1 jam ( sudah jadi ).   Namun saya tidak demikian karena ilmu saya belum sampai ke situ.

Postingan ini ditujukan untuk yang mau / baru belajar membuat  not angka dari lagu, singkatnya untuk tingkat pemula. Kita berbagi  pengalaman dan berbagi ilmu di blog ini.

Langkah-langkah dalam membuat not angka atau not balok sebuah lagu adalah

Ke-1, harus hapal melodi lagu itu, hapal dengan liriknya akan lebih baik.

Ke-2, cari melodi lagu pakai alat musik kemudian tulis pada kertas,  juga liriknya. 

Ke-3, beri garis bar agar notasi itu ada bar-nya.

Ke-4, beri nilai not dan tanda diam, dan lainnya ( misalnya slur jika ada )


Keterangan :

Langkah ke-1  harus  betul-betul hapal  melodinya agar tidak salah saat mencari not pakai alat musik.  

Langkah ke-2  tulis  melodi lagu per kalimat beserta liriknya.

Langkah ke-3 memberi garis bar atau membuat notasi itu memiliki bar. 
Dalam lagu pasti ada ( bagian awal ) not yang masuk bersamaan dengan pengiring atau chord. Sebelum not itu beri garis bar dan mulai dari not itu hitung ketukan.  Misalnya lagu ketukan 4/4 maka setiap 4 ketuk beri garis bar, lirik lagu bisa dijadikan pendukung untuk memberi garis bar.  Mungkin masih belum terbayang, bagaimana bisa tahu kalau lagu yang kita dengar ketukannya 4/4 ? Ketika menghitung ketukan bar dari not awal, jika perpindahan chord tidak tepat 4 ketuk artinya lagu itu bukan ketukan 4/4. Pada umumnya ketukan 4/4 itu perpindahan  chordnya kelipatan 2, misalnya pada ketukan ke-3, ke-5, ke-7 dan seterusnya.  Selain 4/4, ketukan 2/4 pun memiliki perpindahan chords seperti ketukan 4/4.  Perbedaannya lagu cepat cenderung 2/4 sedangkan lagu lambat 4/4. Namun lagu cepat pun banyak yang 4/4. Jika begitu,  dengar beat drum-nya. Umumnya beat drum ketukan 2/4 variasinya bas drum dan snare drum bergantian. Sementara 4/4 memiliki banyak variasi ketukan drum.  Namun 4/4 juga ada yang menggunakan bas drum  dan snare drum bergantian seperti  ketukan 2/4. Jadi tempo lagu dan beat drum bisa menjadi pembeda kedua ketukan itu. Selebihnya harus punya pengalaman agar bisa membedakan kedua ketukan tersebut.

Ke-4 memberi nilai not dan tanda diam ini bisa dilakukan dengan menggunakan ketukan tangan atau kaki. Jika kita menggunakan ketukan kaki, ketika kaki menginjak lantai maka itu not  ke-1, ke-2, ke-3 atau ke-4 ( dalam ketukan 4/4).  Jika suara not itu ketika kaki berada di atas  artinya itu not 1/2 ketuk. Jika suara not berada di antara lantai dan kaki di atas artinya itu not 1/4 ketuk. Dalam lagu not 1/8 ketuk jarang dipakai kecuali  dalam musik tertentu misalnya hip hop, EDM dan lainnya.

Baiklah sekarang  saya ambil lagu “Sajojo” sebagai contoh lagu, diambil bagian depannya  ( verse ) seperti gambar di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.



Lihat keterangan : langkah ke-3 di atas, kalimatnya begini “Dalam lagu pasti ada ( bagian awal ) not yang masuk bersamaan dengan pengiring atau chord. Sebelum not itu beri garis bar dan mulai dari not itu hitung ketukan. “
Pada lagu sajojo bagian awal begini,  Sa | Jo Jo . . | kira-kira begitu ilustrasinya. Jadi kata Jo pertama ini adalah chord masuk.  Dari sinilah mulai dihitung ketukan.

Setelah  tahap ke-3 maka masuklah tahap ke-4, yakni pemberian nilai not dan tanda diam. Dalam memberi nilai not dan tanda diam, saya tidak persis mengikuti  video. Alasannya video itu belum tentu bersumber  dari notasi orsinil lagu Sajojo.  Pasalnya saya pernah mendengar lagu Sajojo bagian bawah yang agak berbeda dengan video yang saya jadikan referensi ini. Namun bukan bagian bawah yang ada pada gambar di sini,  yang ini kan verse ( bait ),  yang beda itu chorus-nya.
Baiklah kita lihat video dari notasi di atas. Perhatikan nilai not-nya. 



Jika anda ingin tahu lagu lengkapnya, silakan buka kategori Kumpulan Lagu Daerah di samping ini.
Semoga postingan ini berguna.



NB:
Lagu ini sengaja saya ambil karena not angka / not baloknya  tidak ada di website-website ( di internet ) sampai sekarang  ( 19 November 2018). Ada 2 website yang memiliki notasi lagu Sajojo dan itu hasil copy dari website ini.  

Jika anda punya kesulitan dalam membuat notasi lagu, silakan bertanya pada kotak komentar. Saya akan berusaha menjawab secepatnya.

2 Komentar untuk "Cara Membuat Not Angka Lagu"

  1. Saya bingung...kalau tanda diam diberi titik maka not baloknya jadi 0... Atau 0000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda diam dalam not angka menggunakan angka 0 dan tidak boleh diberi titik karena titik bukan untuk menunjukkan diam. Dalam not balok tidak mengenal angka 0. Untuk tanda diam menggunakan simbol-simbol. Anda bisa membaca dalam kategori Teori Musik yang ada pada bagian samping. Untuk not angka buka kategori Not Angka. Jika masih bingung, silakan bertanya lagi. Terima kasih atas pertanyaannya.

      Hapus
Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel