Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Ritardando dan Rumusnya

Arti ritardando dan rumus ritardando yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video sehingga mudah dimengerti.

Ritardando berasal dari bahasa Itali. Dalam bahasa Inggris diartikan sebagai berikut : Ritardando berarti penurunan tempo atau menjadi lambat secara bertahap.

Banyak orang yang tahu bahwa ritardando adalah penurunan tempo dalam musik. Namun mereka tidak tahu secara pasti dalam prakteknya. Di sini saya akan bahas bagaimana memainkan ritardando ( rit ) pada partitur. Lihat contoh gambar di bawah ini.


gambar notasi balok ritardando pada not balok


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Pada bar ke-1 dan ke-2 memiliki tempo 120

Pada bar ke-3 diberi rit ( ritardando ) dengan tempo awal 100 dan tempo akhir 60. Jika ada 4 not maka selisih dari tiap not adalah 10. Dengan hitungan, tempo awal ( 100 ) dikurangi tempo akhir ( 60 ) = 40. Setelah itu dibagi 4 beat karena contoh di atas menggunakan birama 4/4, hasilnya setiap not selisih tempo 10.

Jika anda mainkan pakai alat musik, maka pada bar ke-3 not ke-1 temponya 100, not ke-2 temponya 90, not ke-3 temponya 80 dan not ke-4 temponya 70. Itulah yang disebut penurunan tempo pada ritardando.

Lihat gambar 

Pada bar ke- 7 diberi rit dengan tempo awal 100 dan tempo akhir 60. Pada not ke-1 temponya 100. Pada not ke-2 memiliki not 1/8. Aturannya setiap beat selisih tempo 10. Oleh sebab itu pada not ke-2 menjadi bertempo 90 dan not ke-3 menjadi bertempo 85.

Supaya lebih jelas putar video di bawah ini.



Semoga postingan ini bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Arti Ritardando dan Rumusnya"