Biografi Galin-Paris-Cheve

Biografi singkat Pierre Galin, Aime Paris dan Emile Joseph-Mauriche Cheve yang akan dibahas kali ini. Mereka adalah pengembang notasi angka sistim Galin-Paris-Cheve.


Pierre Galin
Pierre Galin adalah orang Prancis yang mengembangkan not angka yang disebut  sistim Galin-Paris-Cheve. Dia lahir pada tanggal 16 Desember 1986 di  Samatan, Prancis dan meninggal dunia di Paris pada tanggal 31 Agustus 1821.
Galin belajar matematika dan perdagangan dan menjadi guru matematika di Bourdeaux, di sebuah sekolah untuk anak-anak.  Dia belajar musik sendiri dan mengalami kesulitan ketika memahami buku musik. Akhirnya dia menemukan prinsip yang berhubungan dengan solfege. Lalu dia menyusun notasi musik bernomor ( not angka ) yang mirip dengan yang diciptakan Rousseau. Meskipun begitu dia tetap merekomendasikan muridnya untuk belajar not balok.
Setelah sukses mengajar dengan gagasannya di Bourdeaux lalu dia pindah ke Paris. Dia memimpin sebuah group siswa yang punya semangat belajar. Di situlah Aime Paris ada. Pada akhirnya Aime Paris menjiplak ide-ide dari Galin di media cetak dan mengklaim tak pernah mengenalnya. 
Ketika Galin sakit di tetap mengajar hingga dia meninggal dan dimakamkan di Pere Lachaise Cemetery.
Buku terkenal dari Galin adalah Rationale for a new way of teaching music.


Aime Paris
Aime Paris adalah sarjana Perancis yang mengembangkan metode stenografi. Dia juga mengembangkan dan mempromosikan notasi angka yang menjadi sistim Galin-Paris-Cheve.
Paris belajar matematika dan hukum dan menjadi seorang pengacara.  
Pada tahun 1820 setelah menciptakan sendiri metode stenografi, dia meninggalkan karirnya sebagai pengacara. Kemudian dia mengadakan konferensi dan mengajarkan sistim stenografinya di seluruh Prancis, serta Belanda, Belgia dan  Swiss. 
Dia juga menerbitkan buku Sejarah Stenografi dan buku Penemuan Aime Paris.
Ketika dia pindah ke Paris, dia mendekati Galin dan meminta agar dia menjadi manager bisnisnya sehingga Galin bisa fokus pada gagasan pengajaran musiknya untuk dicetak. Namun akhirnya Paris menjiplak ide-ide Galin  bahkan dia mengatakan tidak mengenal Galin. 
Setelah Galin meninggal dan tidak meninggalkan penjelasan lengkap ide-idenya. Pada gilirannya Paris memutuskan untuk menyebarkan metode Galin dan memodifikasi sedikit. 
Kakak perempuan Paris bernama Nanine menikah dengan ahli bedah yang bernama Emile Cheve. Mereka bertiga akhirnya menyebarkan / menerbitkan pamlet  ( tentang not angka ) secara terus-menerus ke berbagai daerah, hingga Paris meninggal dunia. 
Aime Paris adalah orang pertama yang mempublikasikan sebuah versi dari sistim utama mnemonic dalam bentuk modern. 


Emile Joseph-Mauriche Cheve 
Emile Cheve adalah orang Prancis yang ahli dalam teori musik dan pengajar musik. Dia lahir di Douarnenez, Prancis pada tanggal 31 Mei 1804. Pada usia 16 di masuk marinir .
Pada tahun 1835 dia belajar ilmu kedokteran dan matematika. Dia mengunjungi kursus musik  ( notasi angka  ) yang diajarkan oleh Aime Paris. Dia sangat tertarik dengan metode itu ( metode Galin yang dimodifikasi sedikit ). 
Dia menikah dengan Nanine ( adik Aime Paris ) dan dia mempromosikan dan mengembangkan notasi musik tersebut. Dari tahun 1844 dia telah memberikan lebih dari 150 kursus di Paris, kursus not angka yang nantinya dikenal sebagai sistim Galin-Paris-Cheve.
Dia bersama istrinya mengedit serangkaian buku-buku pelajaran yang digunakan di sekolah-sekolah seperti Ecole Normale Superieure.  

Biografi singkat ini pasti banyak kekurangannya ( harap dimaklumi ). Tujuan dari penulisan ini bukan untuk mempromosikan individual dari 3 orang tersebut tetapi untuk melengkapi  postingan Sejarah Not Angka. Dengan membaca 3 tokoh ini maka anda akan semakin mengerti tentang sejarah not angka. Bahkan anda akan tahu bahwa 3 tokoh inilah yang bekerja keras untuk memperkenalkan sistim not angka kepada dunia.  

Semoga postingan ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Biografi Galin-Paris-Cheve"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel