Biografi Jean-Jacques Rousseau

Rousseau adalah filsuf terkenal yang bernama lengkap Jean-Jacques Rousseau yang pertama kali mempresentasikan notasi musik yang menggunakan angka. 

Jean-Jacques Rousseau lahir pada tanggal 28 Juni 1712 di Jenewa. Di adalah seorang filsuf Jenewa, penulis dan komposer. Meninggal tanggal 2 Juli 1778 dalam usia 66 tahun di desa Ermenonville di sebelah Utara Prancis.

Pada Jaman revolusi Prancis, Rousseau menjadi filsuf yang paling terkenal di antara anggota Jacobin Club ( Club des Jacobins = club politik yang terkenal pada jaman itu ).  Dia adalah filsuf yang berpengaruh -  16 tahun setelah kematiannya jasadnya dipindahkan ke  Pantheon ( sebuah gedung ) di Paris dan namanya dimasukkan sebagai pahlawan nasional.

Ketika Rousseau berumur 9 hari ibunya Suzanne Bernard meninggal. Masa kecilnya, dia hidup bersama kakaknya Francois dengan ayah mereka. Namun pada tahun 1722 ayahnya ( Isaac Rousseau )  meninggalkan Jenewa karena sebuah perkelahian yang mengancamnya ke penjara.

Pada usia 16 tahun Rousseau memulai petualangannya di Eropa dan kemudian menetap di Paris. Dia pernah menjadi pembantu Madame de Warens serta menjadi anak didiknya. Madame de Warens pada akhirnya menjadi kekasihnya ( saat Rousseau berusia 20 tahun ) dengan tetap memperhatikan pendidikannya. Rousseau disekolahkan di sekolah katolik untuk mendalami seni.

Pada tahun 1743 – 1744 Rousseau bekerja sebagai sekretaris lalu menjadi Duta Besar Prancis untuk Venesia. Tak lama dia kembali  lagi ke Paris berteman dan menjadi  kekasih dari  Therese Levasseur  seorang penjahit wanita namun ada juga yang mengatakan pembantu di sebuah hotel. Mereka dianugerahi 5 orang anak yang katanya diserahkan kepada panti asuhan ( tanpa menikah ).

Karir menulis  Rousseau dimulai setelah bertemu filsuf Prancis Denis Dedirot pada akhir tahun 1740-an. Dia memberikan kontribusi dalam penulisan Encyclopedie yang dikerjakan bersama. Setelah itu keduanya bekerja masing-masing karena tidak cocok.  Rousseau pun melanjutkan karier menulisnya diawali dengan buku “Discours sur les Sciences et les Arts” pada tahun 1750. 

Suatu saat  Rousseau membaca tentang kompetisi essay yang disponsori oleh akademi Dijon dengan tema “apakah perkembangan seni dan ilmu pengetahuan memiliki manfaat secara moral” dan dia berhasil mendapat hadiah pertama atau juaranya.

Berikutnya Rousseau  melanjutkan minatnya dalam musik. Dia menulis syair dan musik dari opera dia yang diberi nama Le devin du village ( The Villa Soothsayer) yang ditampilkan untuk Raja Louis ke-15. Pada tahun 1752. Raja begitu senang akan karyanya dan Raja memberikan tunjangan seumur hidup. Namun Rousseau menolak, dan ini membuat dia terkenal karena telah menolak tunjangan dari raja. Bukan itu saja dia juga menolak tawaran yang menguntungkan lainnya.

Pada tahun 1754 dia kembali ke Jenewa dan menjadi kewarganegaraan Jenewa lagi. Pada tahun 1755 dia menyelesaikan karya kedua The Discourse on Inequality.
Pada tahun  1761 diterbitkan novelnya “ Julie, ou la Nouvelle Heloise “ sukses besar. 

Hal Musik
Rousseau adalah seorang komposer musik yang sukses yang telah menulis 7 opera ( musik ) dan memberikan kontribusi untuk musik sebagai ahli teori musik. Sebagai seorang komposer, musiknya adalah gaya Barok akhir dengan model klasik. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah The Village Soothsayer yang berisi duet “Non, Colette n’est point trompeuse” yang kemudian ditata ulang sebagai lagu yang berdiri sendiri oleh Beethoven.

Pada tahun 1742 Rousseau mengembangkan notasi musik yang kompatibel dengan tipografi dan bernomor. Dia mempresentasikan penemuannya ke Academie Des Sciences, tapi mereka menolaknya, memuji usahanya dan mendorongnya untuk mencoba lagi. 

Karya-karya seni dari  Rousseau

Les Muses Galantes ( 1743 )
Les Fetes de Remire ( 1745 )
Symphonie a Cors de Chasse ( 1751 )
Le Devin du Village ( 1752 )
Salve Regina ( 1752 )
Dan lain-lain

Selain karya seni, Rousseau juga memiliki karya sosial, politik dan lainnya. Namun di sini saya tidak memasukkan banyak hal. 

Biografi yang saya upload ini hanya untuk membuktikan bahwa Rousseau adalah yang pertama kali memiliki metode / sistim notasi musik yang menggunakan huruf dan angka.
Jika banyak kekurangan dan perbedaan kisah harap dimaklumi. Rousseau ini memiliki cerita yang panjang. Misalnya, dia pernah menjadi buronan,  akhirnya dia juga menikah dengan Therese dan dia menyesali karena anak-anaknya diberikan ke panti asuhan.
Semoga postingan ini berguna


Belum ada Komentar untuk "Biografi Jean-Jacques Rousseau "

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel