Famili Chords Musik Jazz

Dalam musik ada istilah family chords ( keluarga akor ). Postingan ini akan membahas family chords CM7 dalam musik Jazz.

Telah terkenal bahwa family chords C major adalah C, Dm, Em, F, G, Am dan Bdim. Ini adalah chords yang sering dipakai hampir di semua jenis musik   dalam nada dasar C major.
Didalam musik jazz pun menggunakan chords seperti itu namun berbeda sedikit.  Susunannya menjadi begini : CM7, Dm7, Em7, FM7, G7, Am7, Bdim7. 
Kalau kita perhatikan kedua family chords di atas perbedaannya adalah dalam musik jazz ditambah angka 7. Lalu bagaimana caranya bisa terbentuk begitu ? 
Baiklah kita lihat gambar di bawah ini.



Keterangan :
CM7 yang diberi warna itu merupakan nada dasar. Chord CM7 terbentuk dari Cmajor yang diberi 7. Secara notasi Cmajor memiliki not 1, 3, 5 ( Do, Mi, Sol ) atau C, E, G.  Dalam CM7 hanya ditambah 7 ( Si  ). Susunannya menjadi CM7, Dm7, Em7, FM7, G7, Am7, Bdim7 karena menggunakan interval ( jarak nada ) dimana semua notasi pada chord dinaikkan 1 secara berurutan.
Contohnya, Dm7 itu terbentuk dari notasi 1, 3, 5, 7 yang dinaikkan 1 sehingga menjadi 2, 4, 6, 1. Kemudian Em7 terbentuk dari Dm7 yang dinaikkan 1 sehingga menjadi 3, 5, 7, 2.

Perhatikan kolom CM7 secara berurutan dari atas ke bawah ada 1, 3, 5, 7 kemudian secara horizontal setiap not dinaikkan 1 secara berurutan, sehingga terbentuk notasi seperti gambar di atas. Begitulah rumus / hitungan dari chords sehingga terbentuk family Chords CM7, Dm7, Em7, FM7, G7, Am7, Bdim7.
Cara hitungan/rumus untuk C, Dm, Em, F, G, Am dan Bdim sama seperti itu. Perbedaannya family chords C major menggunakan 3 notasi sedangkan CM7 menggunakan 4 notasi.

Bagi anda yang baru belajar chords jazz mungkin anda bertanya kenapa dalam musik jazz terdengar beda chords-nya dengan musik pop misalnya. Kalau teman saya bilang, “chords-nya miring”.  Saya tidak bisa ungkapkan maksudnya namun jika anda ingin tahu maksud dari chords-nya miring, coba anda pegang CM7 kemudian  pindahkan ke Bdim7 maka anda akan mendengar suara chords yang tidak umum. Itulah yang disebut chords-miring.

Secara garis besar musik jazz menggunakan family chords namun dalam jazz seringkali menggunakan chords substitusi, sehingga tambah miring chord-nya. Sudah menjadi tradisi bahwa dalam musik jazz selalu dicari chords yang harmoni dalam setiap lagu. Mereka menggunakan chords substitusi, bridge chords dan passing chords. Pokoknya dalam hal chords mungkin jazz  yang paling top.

Bagi anda yang baru belajar chords gitar jazz mungkin anda akan bertanya kenapa ketika saya memainkan chords yang ada di sini tidak terdengar “miring”. Saya jadi teringat teman saya, ketika temannya melihat  lagu jazz yang ada chords-rnya, dan  dia memainkannya. Kata teman saya “sama sekali tidak terdengar seperti  jazz walaupun sudah mengikuti chords dalam lagu itu.”

Jika anda mengalami hal seperti itu jangan heran. Dalam jazz ada 2 hal yang bisa membuat terdengar jazzy yakni cara pegang chords dan genjrengan. Jika anda ingin tahu cara pegang chords dan belajar genjrengan  silakan anda buka postingan yang berjudul  ( silakan klik ).



Genjrengan jazz itu banyak macamnya tergantung dari jenis jazz-nya. Dalam Chords Jazz Fly Me To The Moon saya menggunakan genjrengan dasar  bossa nova ( sub genre jazz ) dan dalam Chords Jazz Autumn Leaves saya gunakan genjrengan smooth jazz ( sub genre jazz ).

Jangan menganggap jazz itu musik yang sulit, anda bisa belajar mulai dari chord, setelah itu anda  belajar genjrengannya. Cari lagu yang mudah, lagu Autumn Leaves di atas termasuk lagu yang mudah. Jadi anda bisa mulai belajar lagu itu ( lihat youtube ).

Semoga postingan ini berguna.





Belum ada Komentar untuk "Famili Chords Musik Jazz"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel