Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Tie dengan Legato ( Slur )

Perbedaan Tanda Tie dengan Tanda Legato ( Slur ) yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan audio / video, sehingga mudah dimengerti.

Secara bentuk tanda tie dan legato boleh dibilang sama, keduanya berbentuk garis lengkung.

Kesamaan yang lain adalah sama-sama menyambungkan not.

Perbedaannya, tanda tie mengikat / menyambungkan not yang sama sedangkan legato bisa not yang sama atau not yang berbeda.

Tanda tie ini diibaratkan mengikat sesuatu sehingga menjadi satu. Misalkan not Do ada 2 buah maka not Do itu menjadi 1. Ketika dimainkan maka not Do itu bunyinya hanya 1 kali. Contohnya jika ada 2 buah not Do dengan nilai 1/4 kemudian diberi tanda tie maka hasilnya not Do itu bernilai 1/2 (durasi). Inti dari tanda tie ini menggabungkan not yang sama dan menjumlahkan nilai not-nya.

Tanda legato adalah menyambungkan beberapa not, bisa 2 not, bisa 3 not atau lebih. Inti dari legato adalah menyambung semua not tanpa putus. Misalkan dalam sebuah lagu ada 4 not yang diberi legato, ketika dibunyikan, suara keempat not itu jangan sampai ada yang terputus. Dengan kata lain harus nyambung.

Pada kenyataanya dalam sebuah partitur seringkali garis lengkung dengan 2 not yang sama disebut legato atau slur. Padahal akan lebih baik jika not yang sama itu menggunakan tie.

Kalau legato bagusnya untuk not yang berbeda.

Saya tiba-tiba teringat ada yang bertanya perbedaan legato dan slur. Sebenarnya legato dan slur itu sama, hanya beda bahasa saja.

Baiklah untuk lebih jelas tentang bentuk tanda tie dan legato, kita lihat perbedaannya dalam gambar versi musescore.


gambar tie dan legato / slur teori musik


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Perbedaan tie dan legato terletak pada bentuk garis (versi musescore). Bentuk garis tie tidak terlihat melengkung seperti legato. Sementara legato terlihat melengkung atau lebih melengkung dari legato.

Silakan klik link video di bawah ini untuk mendengarkan perbedaan tie dan legato ( notasi di atas ).

Video Tie dan Legato

Video terpaksa pakai link, jika tidak maka terkena LCP - algoritma google.

Dalam video itu (suara piano) terdengar jelas bahwa tie menyatukan not yang sama, notasi pertama ada 5 not tapi yang terdengar hanya 4 not karena not belakang pada bar ke-2 diikat (digabungkan) dengan not bar ke-1. Sementara legato tidak terdengar bersatu notasinya, tetap terdengar 5 not.

Dalam alat musik lain misalnya biola mungkin tidak sejelas pada piano.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Tie dengan Legato ( Slur )"