Teknik Memukul Snare Drum

Teknik drum atau tepatnya teknik memukul snare drum pada permainan drum yang akan dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan video.

Snare drum menjadi bagian yang penting dalam drum set, fungsinya sebagai penentu beat dan juga digunakan untuk “ropel” ( fill in ).  
Di bawah ini  gambar  snare drum, hanya 2 bagian yang saya tulis sesuai dengan bahasan.



Ada 3 jenis teknik yang saya tahu sehubungan dengan pukulan pada snare drum yaitu, pukulan biasa, rim shot dan side stick ( cross stick ). Mungkin ada lagi pukulan lain namun saya tidak tahu. 

Pukulan biasa, saya tidak tahu istilahnya. Pukulan biasa ini memukul senar drum seperti yang biasa dilakukan pemain drum. Sebaiknya untuk melakukan teknik ini - memukul di tengah-tengah drum head dan jangan memukul pada bagian lain. Jadi pukulannya hanya 1 titik, jangan pindah pindah tempatnya, supaya suaranya tidak berubah-ubah. Dalam memukul senar drum itu harus konstan dan jernih. Ini seperti main gitar, jika melakukan genjrengan harus konstan dan jernih, jangan terdengar kasar.

Rim shot adalah teknik pukulan pada snare drum, bisa juga untuk tom tom. Caranya pukul bagian rim dan drum head. Jadi ada 2 bagian yang dipukul dalam waktu bersamaan. Cara ini seperti pukulan biasa hanya yang dipukul 2 bagian rim dan head. Ada konsekuensinya untuk memainkan teknik ini.  Kalau memukulnya keras-keras mungkin stick akan cepat rusak atau patah. Saya tidak tahu perkembangan stick. Siapa tahu sekarang sudah ada stick yang dilapisi bahan tertentu supaya tidak rusak saat melakukan teknik rim shot ini.

Side stick ( cross stick ) adalah sebuah teknik memukul snare drum bagian rim-nya. Caranya letakkan stick di atas drum head, bagian ujung kecilnya berada di tengah dan bagian yang besarnya  melewati  rim ( kerangka ). Lalu letakkan tangan di atas stick itu, gunakan telunjuk dan ibu jari untuk mengangkat lalu memukul rim ( kerangka ) tersebut.  Teknik ini seringkali digunakan pada musik bossa nova dan reggae. Mungkin musik lain pun ada juga yang menggunakan teknik ini.

Bagi anda yang sudah pernah beberapa kali bermain drum pasti anda mengerti postingan ini. Bahkan mungkin anda sudah bisa memainkan 3 teknik ini. Namun bagi anda yang baru belajar drum mungkin mengerti semuanya dan mungkin hanya sebagian. Sesungguhnya teknik ini merupakan teknik umum  dan tidak begitu sulit untuk dimainkan. Sayangnya saya tidak punya drum untuk mempraktekkan. Jadi saya terpaksa mengambil video orang lain. Di bawah ini video yang saya ambil dari youtube, teknik sidestick ( cross stick ).



Hanya 1 teknik yang saya ambil, karena teknik yang lainnya saya yakin anda sudah mengerti.  
Sekali lagi saya informasikan bahwa teknik yang saya posting ini adalah teknik yang sering digunakan atau teknik yang umum. 
Semoga postingan ini berguna.




Sumber  Video :
Youtube :
How to Play Bossa Nova Drum Beat : Holding Drum Sticks for a Bossa Nova Beat.
Expertvillage







Belum ada Komentar untuk "Teknik Memukul Snare Drum"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel