Teknik Memukul Hi-Hat

Teknik drum set (  hi-hat ) atau teknik memukul pada hi-hat yang akan dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video sehingga mudah dimengerti.

Sebenarnya hi-hat bukan bagian drum namun di Indonesia sudah menjadi kebiasaan bahwa hi-hat adalah bagian dari drum. Pasalnya di Indonesia antara drum dengan drum set itu seringkali diartikan sama, padahal jelas berbeda. Saya sendiri sering menggunakan istilah drum untuk drum set. Apapun istilahnya yang penting anda mengerti.

Hi-hat tergolong pada simbal, dengan pengertian bahwa hi hat adalah kombinasi 2 simbal dan pedal. Jadi hi-hat ini 1 paket dengan pedalnya. 
Pada prakteknya hi hat memiliki beberapa teknik di antaranya.

Closed hi-hat, teknik ini sudah bisa anda bayangkan bahwa ini memukul hi hat dalam keadaan tertutup. Seni dari teknik ini ada dalam cara memukulnya. Anda bisa coba memukul bagian tengah antara titik pusat dan pinggiran hi-hat atau anda bisa pukul agak pinggir. Mungkin anda juga bisa mencari cara lain yang menurut anda bagus suaranya. Ingat bahwa musik itu sifatnya tidak baku, bisa berubah sesuai jaman. Anda bisa saja melakukan inovasi dalam memukul hi-hat.

Open hi hat adalah membunyikan hi hat ketika hi-hatnya dalam keadaan terbuka. Ini kebalikan dari closed hi-hat.   Seninya terletak pada cara memukul.  Kaki harus menginjak pedal agar hi-hat dalam keadaan terbuka dan menghasilkan suara yang mantap. 

Pedal hi-hat, teknik ini memainkan hi-hat tanpa dipukul oleh stick tapi dibunyikannya oleh kaki. Ini merupakan permainan pedal. Jadi seninya ada pada gerakan kaki. Bisa kaki diangkat atau pakai bagian ujung kaki. Intinya pedal diinjak dan di angkat dengan sendirinya hi-hat terbuka dan tertutup, sehingga akan menghasilkan suara. Anda bisa mencoba mencari cara agar suaranya sesuai dengan selera anda. 

Open closed hi-hat, teknik ini adalah perpaduan antara open dan closed hi-hat.  Caranya pukul hi-hat dalam keadaan terbuka langsung tutup dengan menginjak pedal. 

Pembahasan di sini  berdasarkan pada notasi. Pasalnya permainan drum itu harus bisa dinotasikan. Di bawah ini adalah contoh notasinya.



Jika ingin tahu suara notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.




Suara dalam video tidak beda jauh dengan hi-hat asli karena suara dari video tersebut juga berdasarkan frekuensi  drum set standard.
Pada video di atas ada tambahan pada baris paling bawah, ini sebagai perbandingan antara open dan closed hi-hat dengan open dan pedal hi-hat. 

Dalam musik, terutama drum set memiliki beberapa perbedaan. Bukan saja antara teori dengan praktek namun antara teori dengan teori juga bisa berbeda. Contohnya posisi instrument drum set pada garis paranada tidak seragam. Yang saya gunakan ini versi musescore.  Jika nanti anda melihat posisi notasi berbeda,  jangan heran. 

Semoga postingan ini berguna.



Belum ada Komentar untuk "Teknik Memukul Hi-Hat"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel