Cara Menginjak Pedal Bas Drum dan Hi-Hat

Teknik Heel Down dan Teknik Heel Up merupakan teknik cara menginjak pedal bas drum dan pedal hi-hat. Di sini dibahas disertai gambar dan  video sehingga mudah dimengerti.

Teknik kaki pada bas drum yang umum ada 2 macam.

Heel Down secara bahasa artinya tumit di bawah. Maksudnya tumit menempel pada bantalan yang ada pada pedal, dan bagian kaki yang lain juga menempel.  Dengan kata lain telapak kaki menempel pada footboard. Lihat gambar pedal di bawah ini agar jelas.



Cara melakukan teknik ini,  tekan bagian depan kaki maka beater ( pemukul ) akan bergerak memukul drum. Teknik ini merupakan teknik umum, jika anda baru main drum kemungkinan anda akan menggunakan teknik ini. Bagusnya teknik ini digunakan untuk musik yang tidak nge-beat. 

Heel Up secara bahasa artinya tumit di atas. Maksudnya tumit tidak ditempelkan.  Jadi yang menempel hanya bagian depan kaki pada footboard. Caranya, angkat tumit lalu injak footboard pakai kaki bagian depan. Teknik ini cocok untuk musik yang nge-beat, karena teknik ini mampu memukul bas drum dengan keras.  

Bagi anda yang biasa main drum atau pernah main drum, cara di atas tentunya sudah tahu. Mungkin tidak tahu istilahnya saja. Setelah membaca paragraf di atas tentu anda sudah mengerti. Namun bagi yang belum tahu sama sekali bermain drum mungkin sudah mengerti atau masih belum jelas. Oleh sebab itu silakan lihat video di bawah ini.




Saya yakin anda  mengerti setelah melihat video di atas.

Bagaimana dengan injakan pada pedal hi-hat ?

Secara teknik injakan pada pedal hi-hat dan injakan pada pedal bas drum adalah sama, menggunakan heel down dan heel up. Pada dasarnya hi-hat ini hanya menutup dan membuka.  Dalam closed hi-hat, kaki tidak digerakkan ( diam ), karena inti dari closed hi-hat adalah menutup kedua simbal. 

Perlu anda tahu bahwa yang saya bahas ini yang umum digunakan, mungkin ada teknik-teknik lain yang digunakan oleh para drummers. 

Semoga postingan ini berguna.



Sumber video :
Youtube,
360 Drumming – Heel Down Technic ( Stefano Testa Drummer )
360 Drumming – Heel Up Technic ( Stefano Testa Drummer ).





Belum ada Komentar untuk "Cara Menginjak Pedal Bas Drum dan Hi-Hat"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel