Pukulan Dasar Drum / Rudiments

Rudiments adalah pola dasar pukulan drum yang menjadi fondasi untuk pola drum yang lebih kompleks. Pembahasan dilengkapi  video sehingga mudah dimengerti. 

Rudiments melibatkan 2 buah stick yakni stick kanan dilambangkan dengan huruf R ( Right ) dan stick kiri dilambangkan dengan huruf L ( Left ). 
Ada beberapa pola dalam rudiments ini di antaranya,

Single Stroke adalah memukul snare drum secara bergantian ( stick tangan kanan dan stick tangan kiri ). Single stroke ini ada beberapa macam,  misalnya Single Stroke Rolls artinya memukul snare drum dengan banyak pukulan (tidak ditentukan jumlahnya). Single Stroke Four artinya memukul snare drum sebanyak 4 kali. Single Stroke  Seven artinya memukul snare drum sebanyak 7 kali. Dan ada lagi yang lainnya. Di bawah ini contoh video single stroke rolls dan single stroke seven.



Sumber : 
Youtube – Single Stroke Rolls – Drum Rudiment Lesson by Drumeo
Youtube – Single Stroke Seven – Drum Rudiment Lesson by Drumeo

Double Stroke adalah memukul snare drum dengan 2 kali kanan dan 2 kali kiri secara bergantian. Contohnya RRLL RRLL RRLL artinya stick kanan 2 kali dan stick kiri 2 kali bergantian sebanyak 3 kali. Saya tidak akan menggunakan video, karena saya yakin anda sudah mengerti.

Flam adalah memukul snare drum dengan 2 stick kiri dan kanan yang terkesan bersamaan padahal tidak bersamaan. Secara teori flam menggunakan “grace note”, menggunakan not kecil dan not normal. Jika kurang jelas tentang grace not silakan buka postingan yang berjudul,  Grace Note. 
Agar lebih jelas, silakan putar video ( contoh  ) di bawah ini.



Sumber video ;
Youtube –  Flam - Drum Rudiment Lesson by Drumeo


Paradiddle adalah memukul snare drum dengan variasi antara single stroke dan double stroke. Lihat videonya dan perhatikan notasinya. 



Sumber :
Youtube –  Paradiddle - Drum Rudiment Lesson by Drumeo

Double paradiddle, silakan lihat videonya dan perhatikan notasinya.



Sumber :
Youtube –  Double Paradiddle - Drum Rudiment Lesson by Drumeo


Catatan penting :
Pola pukulan di atas bukan hanya untuk snare drum, anda bisa gunakan untuk hi-hat, tom-tom, bas drum dan lainnya. Ini ‘kan pola dasar pukulan, sifatnya umum. Mungkin masih banyak pola lain karena pola ‘kan bisa dibuat. Bagi drummer yang suka “ngulik” bisa saja bikin pola yang unik.
Semoga postingan ini berguna.


Belum ada Komentar untuk "Pukulan Dasar Drum / Rudiments"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel