Arti Progresi Chord dan Contoh

Progresi chord atau progresi akor ( Chord Progression ) yang akan dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar  sehingga mudah dimengerti.

Progresi chord artinya chord yang bergerak maju secara bertahap. Dalam pengertian ini merujuk pada serangkaian chord seperti di bawah ini ( contoh dalam nada dasar C ).


Keterangan :
Penggunaan chord major menggunakan angka Romawi huruf besar  dan yang minor menggunakan huruf kecil. Untuk Bdim biasanya menggunakan huruf kecil namun ada juga yang menggunakan huruf besar. Selain itu ada juga yang menggunakan tanda o di atas sebagai tanda diminished. 

Dalam garis paranada chord di atas akan lebih terlihat bertingkat dan bertahap. 
Lihat gambar di bawah ini sebagai contohnya.



Jadi yang dimaksud dengan progresi chord itu seperti susunan di atas. Dalam pemakaiannya, setiap menggunakan chord di atas maka disebut progresi chord. Contohnya jika kita menggunakan 3 chords  tingkat iii, IV, V atau Em, F, G ini disebut ascending progression ( naik ). Jika kita menggunakan chords secara acak misalnya I, IV, V atau C, F, G ini juga disebut progresi chord. 
Contoh lain : I, IV, vii, iii, vi, ii, V, I  = C, F, Bdim, Em, am, Dm, G, C disebut Circle Progression C major.
Dengan kata lain jika kita menggunakan chord yang ada pada gambar di atas, artinya itu progresi chord. Dalam penggunaannya progresi chord tidak dibatasi oleh banyaknya jenis chords. Anda bisa saja menggunakan 3 chord, 4 chords atau lebih dari itu, bahkan 2 chord juga bisa disebut progresi chord.

Asal tahu saja bahwa arti progresi chord ini tidak seragam, maksudnya banyak perbedaan antara sumber yang satu dengan sumber yang lain, misalnya  sebagai  berikut :
Progresi chord artinya perpindahan dari satu chord ke chord lain.
Progresi chord artinya serangkaian chord yang dimainkan dalam sebuah putaran.
Dan ada lagi pengertian lain. 
Namun ketika saya melihat contoh dari progresi chord ternyata menggunakan diatonik chord, dengan menggunakan angka Romawi.  Jadi susunannya berdasarkan angka Romawi.
Semoga postingan ini berguna.




Referensi :
En.wikipedia
Beberapa website luar






Belum ada Komentar untuk "Arti Progresi Chord dan Contoh"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel