Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Lagu Daerah Sumatera Utara

Kumpulan Lagu Daerah Sumatera Utara yang dipostingkan pada halaman ini hanya yang terkenal. Mungkin ada beberapa lagu yang menurut anda terkenal namun tidak tercantum di sini. Ini berarti saya belum tahu kalau lagu itu terkenal.

Sebelum membahas lagu daerahnya saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi Provinsi Sumatera Utara dalam peta. Bagi anak sekolah yang belum tahu, silakan lihat peta di bawah ini.


lagu daerah dari provinsi sumatera utara


Baiklah saya akan bahas lagu daerahnya berdasarkan hasil penelusuran yang saya lakukan di website/blog dan youtube. Jika berbeda dengan pendapat anda, maklumi saja. Pasalnya setiap orang memiliki pandangan masing-masing.

Di bawah ini ada judul lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya artinya  not angka dan not balok lagu tersebut berada di blog ini. Jika anda ingin tahu tinggal klik label Not Angka Lagu Daerah yang berada di sebelah kiri halaman ini.


Lagu Alusi Au

Lagu ini menceritakan tentang keinginan manusia, umumnya orang menginginkan kekayaan ketenaran dan lainnya. Namun si tokoh keinginannya berbeda dengan kebanyakan orang, dia menginginkan cinta sejati dari orang yang dicintainya.


Lagu Anju Ahu

Lagu ini menceritakan sepasang kekasih yang sedang dirundung masalah. Si laki laki tengah memiliki masalah, namun dia berharap si perempuan mengerti apa yang dia alami, agar si perempuan itu menghibur si laki laki itu.


Lagu Butet

Lagu ini menceritakan tentang kerinduan seorang ayah terhadap anaknya yang masih kecil. Sang ayah adalah seorang pejuang (grilyawan) yang saat itu sedang mengungsi. Menurut yang pernah saya baca konon lagu ini diciptakan di saat sedang dalam pengungsian, ini kisah nyata.


Lagu Dago Inang Sarge

Lagu ini menceritakan hubungan sepasang kekasih yang tidak direstui oleh orang tuanya.


Lagu Erkata Bedil

Lagu ini menceritakan tentang seorang lelaki yang ingin berperang melawan penjajah dan ia rela meninggalkan kekasihnya dikampung.


Lagu Ketabo

Lagu ini menceritakan tentang ajakan ke daerah Sidimpuan. Di sana sedang musim salak. Di sana bukan hanya ada salak tapi ada gadis-gadis yang manis dan menawan.


Lagu Lisoi

Lagu ini boleh dibilang lagu pergaulan, ketika seorang teman merasa kesedihan kemudian diajak untuk menyanyi dan minum tuak. Mereka memang suka minum tuak dan bernyanyi. Mereka memiliki rasa setia kawan.


Lagu Madekdek MaGambiri

Lagu ini menceritakan tentang orang yang mengasihi. Menurut yang pernah saya baca, lagu ini menceritakan orang tua yang sangat mengasihi anaknya.


Lagu Mariam Tomong

Mariam Tomong berarti meriam bambu, lagu ini menceritakan tentang perang.


Lagu Piso Surit

Lagu ini menceritakan tentang hubungan asmara pada jaman dulu, jaman perang.


Lagu Rambadia

Lagu ini menceritakan tentang perkenalan antara orang batak dengan pendatang baru. Sebut saja sebagai tegur sapa, bertanya tentang hal-hal yang umum.


Sengko Sengko



Lagu Sigulempong

Lagu ini awalnya tentang membuat sangkar burung. Namun lanjutannya tentang menunggu nyonya sigule.


Lagu Sik Sik Sibatumanikam

Lagu ini aslinya “tidak ada artinya”, itu menurut orang Batak. Ada juga yang berkata bahwa lagu ini artinya “tidak begitu berarti”. Aslinya lagu ini hanya 1 verse kemudian ada verse tambahan yang kemudian menjadi chorus. Kalau chorus-nya memiliki arti. Namun menurut ahli musik Batak bahwa lagu ini bisa dipadankan dengan chorus yang lain. Maksudnya boleh membuat lirik lain dan dipadankan dengan lagu ini yang aslinya hanya 1 bait.


Lagu Sinanggar Tullo

Lagu ini menceritakan keluh kesah seorang perjaka yang harus menuruti perintah ibunya. Ibunya menginginkan dia mendapatkan kekasih dari keturunan Marga Tobing dan juga merupakan pariban. Maksudnya marga calon kekasihnya harus sama dengan marga ibunya.


Lagu Sing Sing So

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang menantikan jodohnya.


Lagu Sitara Tullo

Lagu ini menceritakan tentang orang yang beruntung. Lirik lagu ini memang kurang jelas artinya. Namun jika disimpulkan artinya orang yang banyak beruntung.


Lagu Sitogol

Menceritakan sebuah lagu yang berjudul Sitogol dari daerah Mandailing. Lagu itu bagi hati yang murung agar bergembira dengan menyanyikan lagu sitogol.


Lagu Cikala Le Pongpong


Cikala le pongpong oe,

ue merbuah si nangka bari le oe

si manguda bagendari en

dak mengkabari


Mela mo cituk kene turang

ulang ulaken kene male

ulah-ulah nde neidi bagi

ulang mo… dak bagi…


Kade mo lemlem pagemu

pucuk bincoli mo kabir-kabiren

kade mo kelleng ate mu

anak maholi man pabing-abingen

Pong kirpong lepong kirpong



Lagu Leleng Ma Hupaima

Lagu ini menceritakan penantian seseorang yang sudah lama tidak bertemu dengan kekasihnya yang hidup jauh. Ketika kekasihnya datang ternyata membawa pasangan, mengingkari janji.


Leleng ma hupaima-ima

na sinangkap ni roha

matua las so ro

Torop do naung hupalua

rohangku sai manjua

ai tung so rongkap do

Ise ma i ulaning

na tau sirongkap ni tondingki

tupa do i ulaning

jonok di i di lambungki

Leleng ma hupaima-ima

na sinangkap ni roha

matua las so ro

Torop do naung hupalua

rohangku sai manjua

ai tung so rongkap do


Sekian lagu daerah Provinsi Sumatera Utara yang bisa saya posting. Jika saya menemukan lagu lain yang terkenal akan saya update.

Semoga anda menyukai lagu daerah Provinsi Sumatera Utara.




NB:

Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.

Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Lagu Daerah Sumatera Utara"