Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat

Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat yang dipostingkan pada halaman ini tidak semuanya. Mungkin ada beberapa lagu yang tidak tercantum di sini.

Sebelum membahas lagu daerahnya, saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi Provinsi Jawa Barat dalam peta. Bagi anak sekolah yang belum tahu posisinya, silakan lihat peta di bawah ini.


lagu daerah dari provinsi jawa barat


Di bawah ini ada judul lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya artinya not angka dan not balok lagu tersebut berada di blog ini. Jika anda ingin tahu tinggal klik label Not Angka Lagu Daerah yang berada di sebelah kiri halaman ini.


Lagu Ayang Ayang Gung

Lagu ini menceritakan tentang jaman dulu ada seorang pejabat yang tidak suka kepada pejabat yang lain. Lagu ini boleh dibilang berbau politik.


Lagu Bajing Luncat

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang menyesal karena tidak melamar lebih dulu. Akhirnya orang yang dikasihinya ingkar janji.


Lagu BangbungRanggaek

Lagu ini menceritakan yang awalnya tidak mau karena belum kenal kemudian menjadi mau karena sudah kenal, cerita tentang cinta.


Lagu Bubuy Bulan

Lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang menyukai wanita yang suka lewat tiap hari.


Lagu Bulantok

Lagu ini berisi nasehat untuk kehidupan dengan gaya pantun.


Lagu Cing Cangkeling

Lagu ini sulit untuk diartikan, banyak website/blog yang menafsirkan lagu ini.


Lagu Es Lilin

Lagu ini menceritakan tentang es lilin namun lagu ini semacam pantun yang pada akhirnya menceritakan tentang percintaan.


Lagu Hariring Kuring

Lagu ini menceritakan tentang kerinduan yang dalam kepada kekasihnya yang sedang hidup dalam pengembaraan / perantauan.


Lagu KarataganPahlawan

Lagu ini menceritakan orang ( pahlawan ) yang rela mati demi kemerdekaan. Ini termasuk lagu perjuangan atau lagu wajib nasional dalam versi lagu daerah.


Lagu Manuk Dadali

Lagu ini mencerita burung Dadali ( Burung Garuda ) yang terkenal di dunia. Burung Dadali yang menjadi lambang Indonesia, pemersatu bangsa.


Lagu Mojang Priangan

Lagu ini menceritakan tentang wanita priangan ( mojang priangan ) yang tampil dalam dandanan. Sebagaimana yang telah terkenal, mojang priangan cantik-cantik atau banyak yang cantik.


Lagu Neng Geulis

Lagu ini menceritakan nona cantik ( neng geulis ) yang disukai oleh seseorang pria. Si pria menginginkan cepat-cepat bertunangan.


Lagu Ngadu Jangkrik

Lagu ini berbau politik, disampaikan dengan bahasa yang perlu ditafsirkan.


Lagu Panon Hideung

Lagu ini menceritakan tentang wajah seorang wanita yang ujung-ujungnya bercerita tentang cinta. Seorang pria yang menyukai wanita itu.


Lagu Pepeling

Lagu ini menceritakan tentang nasehat untuk Orang Sunda.


Lagu Peuyeum Bandung

Lagu ini menceritakan tentang makanan tradisional yang ada di Bandung yakni peuyeum bandung ( tape ) yang dulu terkenal paling enak di antara tape yang ada di Indonesia.


Lagu Pileuleuyan

Lagu ini menceritakan tentang perpisahan sementara.


Lagu Sabilulungan

Lagu ini menceritakan tentang persatuan, maksudnya persatuan bangsa.


Lagu Sapu Nyere Pegat Simpay

Lagu ini menceritakan bahwa manusia itu akan berpisah (mati ) mumpung kita belum mati, mari kita berkumpul, bersenda gurau dan lainnya.


Lagu Tanah Sunda

Lagu ini menceritakan tentang tanah di daerah Sunda yang subur dan indah. Pendatang baru (perantau ) akan betah tinggal di daerah Sunda, bukan saja alamnya namun orangnya pun bersahabat.


Lagu Tokecang

Inti lagu ini menceritakan tentang perempuan yang tinggi dan kecil ( jangkung alit ) mungkin maksudnya tinggi kurus. Sementara lirik tokecang sebagai verse awal. Kalau dalam lagu batak ada yang berjudul sik sik sibatumanikam. Sulit diartikan verse awalnya. Karenanya lagu tokecang banyak ditafsirkan.


Lagu Tongtolang Nangka

Lagu ini menceritakan tentang seorang ayah yang menikah lagi dengan wanita muda. Padahal hidupnya pas-pasan.


Semoga anda menyukai lagu daerah dari Provinsi Jawa Barat.



NB:

Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.

Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.