Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat


Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat yang dipostingkan pada halaman ini tidak semuanya.  Mungkin ada beberapa lagu yang tidak tercantum di sini.

Sebelum membahas lagu daerahnya,  saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi  Provinsi  Jawa Barat dalam peta. Bagi anak sekolah yang belum tahu posisinya, silakan lihat peta di bawah ini.





Di bawah ini ada judul  lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya, anda tinggal klik judulnya maka akan masuk ke halaman lagu itu yang berisi not angka, not balok, chords dan melodi  lagu itu dalam video. Dengan kata lain lebih lengkap untuk dimainkan pakai alat musik.
Jika di bawah judul lagu ada liriknya artinya lagu tersebut tidak ada notasinya. Jadi hanya ada liriknya saja di sini.

Lagu ini menceritakan tentang jaman dulu ada seorang pejabat yang tidak suka kepada pejabat yang lain. Lagu ini boleh dibilang berbau politik.

Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang menyesal karena tidak melamar lebih dulu. Akhirnya orang yang dikasihinya ingkar janji.


Lagu ini menceritakan yang awalnya tidak mau karena belum kenal kemudian menjadi mau karena sudah kenal,  cerita tentang cinta.

Lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang menyukai wanita yang suka lewat tiap hari.


Lagu ini berisi nasehat untuk kehidupan  dengan gaya pantun.


Lagu ini sulit untuk diartikan, banyak website/blog yang menafsirkan lagu ini.


Lagu ini menceritakan tentang es lilin namun lagu ini semacam pantun yang pada akhirnya menceritakan tentang percintaan.


Lagu ini menceritakan tentang kerinduan yang dalam kepada kekasihnya yang sedang hidup dalam pengembaraan / perantauan.

Lagu ini menceritakan orang ( pahlawan ) yang rela mati demi kemerdekaan.  Ini termasuk lagu perjuangan atau lagu wajib nasional dalam versi  lagu daerah.

Lagu ini mencerita burung Dadali ( Burung Garuda ) yang terkenal di dunia. Burung Dadali yang menjadi lambang Indonesia, pemersatu bangsa.


Lagu ini menceritakan tentang wanita priangan ( mojang priangan ) yang tampil dalam dandanan. Sebagaimana yang telah terkenal, mojang priangan cantik-cantik atau banyak yang cantik.

Lagu ini menceritakan nona cantik ( neng geulis ) yang disukai oleh seseorang pria. Si pria menginginkan cepat-cepat bertunangan.


Lagu ini berbau politik, disampaikan dengan bahasa yang perlu ditafsirkan.


Lagu ini menceritakan tentang wajah seorang wanita yang ujung-ujungnya bercerita tentang cinta. Seorang pria yang menyukai wanita itu.


Lagu ini menceritakan tentang nasehat untuk Orang Sunda.


Lagu ini menceritakan tentang makanan tradisional yang ada di Bandung yakni peuyeum bandung ( tape ) yang dulu terkenal paling enak di antara tape yang ada di Indonesia.

Lagu ini menceritakan tentang perpisahan sementara.


Lagu ini menceritakan tentang persatuan, maksudnya persatuan bangsa.

Lagu ini menceritakan bahwa manusia itu akan berpisah (mati ) mumpung kita belum mati, mari kita berkumpul, bersenda gurau dan lainnya.

Lagu ini menceritakan tentang tanah di daerah Sunda yang subur dan indah. Pendatang baru (perantau ) akan betah tinggal di daerah Sunda, bukan saja alamnya namun orangnya pun bersahabat.

Inti lagu ini menceritakan tentang perempuan yang tinggi dan kecil ( jangkung alit ) mungkin maksudnya tinggi kurus. Sementara lirik tokecang sebagai verse awal. Kalau dalam lagu batak ada yang berjudul sik sik sibatumanikam.  Sulit diartikan verse awalnya. Karenanya lagu tokecang banyak ditafsirkan.

Lagu ini menceritakan tentang seorang ayah yang menikah lagi dengan wanita muda. Padahal hidupnya pas-pasan. 


Lagu-lagu di atas ada not angka dan not baloknya, anda tinggal klik saja judulnya.
Semoga anda menyukai lagu daerah dari Provinsi Jawa Barat.



NB:
Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.
Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Lagu Daerah Jawa Barat"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel