Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Lagu Daerah Jawa Tengah

Lagu Daerah Provinsi Jawa Tengah yang dipostingkan pada halaman ini hanya yang terkenal. Mungkin ada beberapa lagu yang menurut anda terkenal namun tidak tercantum di sini. Artinya saya belum tahu kalau lagu itu terkenal.

Sebelum membahas lagu daerahnya, saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi Provinsi Jawa Tengah dalam peta. Bagi anak sekolah yang belum tahu posisinya, silakan lihat peta di bawah ini.


lagu daerah dari provinsi jawa tengah


Baiklah saya akan bahas lagu daerahnya berdasarkan hasil penelusuran yang saya lakukan di website/blog dan youtube. Jika berbeda pendapat dengan anda, maklumi saja. Pasalnya setiap orang memiliki pendapat masing-masing.

Di bawah ini ada judul lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya artinya not angka dan not balok lagu tersebut berada di blog ini. Jika anda ingin tahu tinggal klik label Not Angka Lagu Daerah yang berada di sebelah kiri halaman ini.


Lagu Ande Ande Lumut

Lagu ini menceritakan tentang cerita rakyat Ande Ande Lumut. Intinya cari jodoh dan tentu saja sang tokoh mendapat wanita yang baik hati dan cantik.


Lagu Bapak Pucung

Lagu ini menceritakan tentang binatang atau lebih tepatnya serangga kepunyaan bupati, itu pengertian harfiahnya. Mungkin ada arti lain karena lagu ini seperti menggunakan simbol-simbol.


Lagu Dondong Opo Salak

Lagu ini dikarang oleh Alm. Krisbiantoro karena teringat kepada keponakannya. Inti lagu ini anak jangan rewel dan jangan nakal.


Lagu Gambang Suling

Lagu ini menceritakan tentang suara suling yang mengharukan dan ditambah alat yang lain. Secara harfiah lagu ini menceritakan tentang musik. Namun siapa tahu ada arti lain dari lagu ini.


Lagu Gek Kepriye

Lagu ini menceritakan tentang seorang anak miskin yang suka diejek teman-temannya. Anak tersebut memiliki cita-cita menjadi pejabat yang mampu menaikkan martabat bangsa.


Lagu Gundul Pacul

Lagu ini sulit diartikan sepertinya menggunakan bahasa simbol. Secara harfiah lagu ini menceritakan tentang petani.


Lagu Jamuran

Lagu ini merupakan lagu mainan anak-anak yang menggunakan kata jamur. Jika ingin tahu mainan dalam lagu, anda bisa lihat videonya di youtube.


Lagu Jaranan

Lagu ini merupakan lagu mainan yang berarti bermain kuda-kudaan.


Lagu Lir Ilir

Lagu ini sulit diartikan karena lagu ini menggunakan bahasa simbol. Diperlukan buku-buku sastra jaman dulu untuk menterjemahkan/menafsirkan lagu ini. Cara menafsirkan syair sastra ada aturannya, harus tanya ke dosen sastra.


Lagu Menthok Menthok

Lagu ini merupakan lagu mainan anak-anak. Namun lagu ini sepertinya menggunakan bahasa simbol. Secara harfiah lagu ini menceritakan tentang si menthok yang memalukan. Hanya tinggal di kandang saja.


Lagu Padhang Wulan

Lagu ini merupakan lagu mainan anak-anak, menceritakan tentang main pada waktu sore di saat bulan mulai muncul.


Lagu Prau Layar

Lagu ini menceritakan tentang orang yang berwisata menggunakan perahu.


Lagu Turi Turi Putih

Lagu ini sulit diartikan karena menggunakan bahasa simbol.


Sekian lagu daerah dari Provinsi Jawa Tengah, jika nanti saya menemukan lagu daerah terkenal akan saya tambahkan di sini.

Semoga anda menyukai lagu daerah dari Provinsi Jawa Tengah .



NB:

Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.

Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.