Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Lagu Daerah Jawa Timur

Lagu Daerah Provinsi Jawa Timur yang dipostingkan pada halaman ini hanya yang terkenal. Mungkin ada beberapa lagu yang menurut anda terkenal namun tidak tercantum di sini. Artinya saya belum tahu kalau lagu itu terkenal.

Sebelum membahas lagu daerahnya, saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi Provinsi Jawa Timur dalam peta. Bagi anak sekolah yang belum tahu posisinya, silakan lihat peta di bawah ini.


lagu daerah dari provinsi jawa timur


Baiklah saya akan bahas lagu daerahnya berdasarkan hasil penelusuran yang saya lakukan di website/blog dan youtube. Jika berbeda pendapat dengan anda, maklumi saja. Pasalnya setiap orang memiliki pendapat masing-masing.

Di bawah ini ada judul lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya artinya not angka dan not balok lagu tersebut berada di blog ini. Jika anda ingin tahu tinggal klik label Not Angka Lagu Daerah yang berada di sebelah kiri halaman ini.


Lagu Bapak Tane

Lagu ini menceritakan kehidupan petani / pekerjaan petani.


Lagu Cublak Cublak Suweng

Lagu ini sulit diartikan karena menggunakan bahasa simbol. Lagu ini diawali dengan tempat perhiasan yakni tempat suweng, lalu suwengnya berserakan. Jika semua liriknya diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, hasilnya membingungkan.


Lagu Gai Bintang

Lagu ini sulit diartikan karena menggunakan bahasa simbol. Arti secara harfiahnya begini : Menjolok bintang yang jatuh rembulan, alatnya janur kuning. Abang pergi kian jauh, jauhnya ke alun-alun.


Lagu Keraban Sape / Karapan Sapi

Lagu ini menceritakan tentang tradisi tahunan di Madura yakni Keraban Sape atau lebih dikenal dengan Karapan Sapi ( balapan sapi ). Banyak orang dari jauh yang datang untuk menonton.


Lagu Lir saalir

Lagu ini agak sulit diartikan namun lagu ini berisi nasehat seperti : kalau tidak mampu jangan dipaksakan dan ada lagi nasehat lain sangat berguna bagi kehidupan.


Lagu Malate Pote

Lagu ini menceritakan kembang melati yang harum mewangi baru dipetik masih segar kemudian diberikan kepada puteri.


Lagu Rek Ayo Rek

Lagu ini menceritakan jalan-jalan ke sebuah tempat keramaian yang bernama Tunjungan sambil mencari cewek cantik untuk kenalan. Malam minggu jangan dibuat melamun. Intinya cari hiburan di malam Minggu.


Lagu Tanduk Majeng

Lagu ini menceritakan tentang nelayan yang dinilai sebagai pekerja kelas. Bahkan dikatakan nelayan bekerja bermodalkan nyawa karena di laut banyak hambatan.


Sekian lagu daerah dari Provinsi Jawa Timur , jika nanti saya menemukan lagu daerah terkenal akan saya tambahkan di sini.

Semoga anda menyukai lagu daerah dari Provinsi Jawa Timur .



NB:

Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.

Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.