Kumpulan Lagu Daerah Jawa Timur


Lagu Daerah Provinsi Jawa Timur yang dipostingkan pada halaman ini hanya yang terkenal. Mungkin ada beberapa lagu yang menurut anda terkenal namun tidak tercantum di sini. Artinya saya belum tahu kalau lagu itu terkenal.

Sebelum membahas lagu daerahnya,  saya akan tampilkan dulu lokasi / posisi  Provinsi Jawa Timur  dalam peta. Bagi anak sekolah yang belum tahu posisinya, silakan lihat peta di bawah ini.




Baiklah saya akan bahas lagu daerahnya berdasarkan hasil penelusuran yang saya lakukan di website/blog dan youtube. Jika berbeda pendapat dengan anda, maklumi saja. Pasalnya setiap orang memiliki pendapat masing-masing. 

Di bawah ini ada judul  lagu, jika judul lagu tidak ada liriknya, anda tinggal klik judulnya maka akan masuk ke halaman lagu itu yang berisi not angka, not balok, chords dan melodi  lagu itu dalam video. Dengan kata lain lebih lengkap untuk dimainkan pakai alat musik.
Jika di bawah judul lagu ada liriknya artinya lagu tersebut tidak ada notasinya. Jadi hanya ada liriknya saja di sini.

Lagu ini menceritakan kehidupan petani  / pekerjaan petani.

Lagu ini sulit diartikan karena menggunakan bahasa simbol. Lagu ini diawali dengan tempat perhiasan yakni  tempat suweng, lalu suwengnya berserakan. Jika semua liriknya  diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, hasilnya membingungkan.

Lagu ini sulit diartikan karena menggunakan bahasa simbol.  Arti secara harfiahnya begini : Menjolok bintang yang jatuh rembulan, alatnya janur kuning. Abang pergi kian jauh, jauhnya ke alun-alun.

Lagu ini menceritakan tentang tradisi tahunan di Madura yakni  Keraban Sape atau lebih dikenal dengan Karapan Sapi ( balapan sapi ). Banyak orang dari jauh yang datang untuk menonton.

Lagu ini agak sulit diartikan namun lagu ini berisi nasehat seperti : kalau tidak mampu jangan dipaksakan dan ada lagi nasehat lain sangat berguna bagi kehidupan.

Lagu ini menceritakan kembang melati yang harum mewangi  baru dipetik masih segar kemudian diberikan kepada puteri.

Lagu ini menceritakan jalan-jalan ke sebuah tempat keramaian yang bernama Tunjungan sambil mencari cewek cantik  untuk kenalan. Malam minggu jangan dibuat melamun. Intinya cari hiburan di malam Minggu.

Lagu ini menceritakan tentang nelayan yang dinilai sebagai pekerja kelas. Bahkan dikatakan nelayan bekerja bermodalkan nyawa karena di laut banyak hambatan.


Sekian lagu daerah dari Provinsi Jawa Timur , jika nanti saya menemukan lagu daerah terkenal akan saya tambahkan di sini.
Semoga anda menyukai lagu daerah dari Provinsi Jawa Timur  .



NB:
Jika ada penulisan kata yang salah atau pemenggalan kata yang salah, mohon dimaklumi. Lagu daerah memang sulit bagi orang lain.
Jika lirik lagu berbeda dengan yang anda tahu artinya lagu itu berbeda versi. Kadangkala lagu daerah berbeda lirik.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Lagu Daerah Jawa Timur"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel