Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Bye Bye Blackbird

Chord lagu Bye Bye Blackbird dan not balok lagu Bye Bye Blackbird yang diposting pada halaman ini, disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Bye Bye Blackbird adalah lagu yang diterbitkan pada tahun 1926 oleh Jerome H. Remick. Lagu ini dibuat oleh komposer Amerika Ray Henderson dan lirik oleh Mort Dixon. Pertama kali direkam oleh Sam Lanin's Dance Orchestra pada Maret 1926.

Lagu Bye Bye Blackbird terkenal pada jamannya, karenanya lagu ini banyak direkam dan dinyanyikan oleh penyanyi dunia, diantaranya :

Dua mantan The Beatles masing-masing telah merekam lagu: Ringo Starr untuk album 1970-nya Sentimental Journey, dan Paul McCartney untuk album 2012 Kisses on the Bottom.

Selain itu lagu ini masuk dalam beberapa film komersial misalnya soundtrack tahun 1993 untuk Sleepless in Seattle, dibintangi oleh Tom Hanks dan Meg Ryan, menampilkan versi dari Joe Cocker.

Pada tahun 1982, Asosiasi Industri Rekaman Amerika secara anumerta memberikan kepada John Coltrane sebuah "Best Jazz Solo Performance" Grammy untuk karya di albumnya Bye Bye Blackbird.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Bye Bye Blackbird.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord bye bye blackbird lagu jazz standar


Lagu Bye Bye Blackbird di sini menggunakan nada dasar C dengan birama 4/4. Lagu ini dimainkan dengan banyak versi, ada yang lambat, sedang, dan cepat.

Paling menarik dari lagu Bye Bye Blackbird adalah liriknya. Masih tanda tanya arti dari lagu ini. Blackbird di sini apakah burung hitam atau hanya sebagai simbol dari sesuatu. Silakan pikir saja menurut anda apa.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Bye Bye Blackbird


Dalam lagu jazz / musik jazz seringkali memiliki beberapa versi. Jika notasi dan lirik di atas berbeda dengan yang anda tahu artinya berbeda versi.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Bagi yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis di formulir kontak.

Partitur akan dikirim melalui email.

Sumber notasi : musescore.com