Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Girl From Ipanema

Chord lagu Girl From Ipanema dan not balok lagu Girl From Ipanema yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagunya. Sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Garota de Ipanema ( The Girl from Ipanema ) atau lebih dikenal dengan Girl From Ipanema adalah salah satu lagu bossa nova atau sering disebut Jazz Brasil. Lagu ini ditulis pada tahun 1962, dengan musik oleh Antônio Carlos Jobim dan lirik bahasa Portugis oleh Vinicius de Moraes. Lirik bahasa Inggris kemudian ditulis oleh Norman Gimbel.

Lagu ini menjadi terkenal di seluruh dunia pada pertengahan 1960-an dan memenangkan Grammy untuk Record of the Year pada tahun 1965. Rekaman komersial pertama pada tahun 1962, oleh Pery Ribeiro. Lagu ini diyakini sebagai lagu pop kedua yang paling banyak direkam dalam sejarah, setelah "Yesterday" oleh The Beatles.

Sama seperti lagu terkenal lainnya, lagu ini pun berada dalam peringkat yang baik pada tangga lagu berbagai versi. Selain itu lagu Girl From Ipanema banyak dinyanyikan oleh penyanyi profesional. Plus masuk dalam beberapa film.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Girl From Ipanema.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord girl from ipanema lagu jazz standar


Lagu Girl From Ipanema di atas menggunakan nada dasar F dengan birama 4/4. Banyak orang menggunakan FM7 pada awal lagu namun secara teori yang paling bagus adalah FM9 sebab notasi pada bar ke-1 itu lebih didominasi oleh FM9.

Jika anda ingin mendengar ( melodi ) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Girl From Ipanema


Chords dalam partitur di atas tidak mutlak artinya bisa diberi variasi atau diubah. Sudah menjadi hal biasa jika dalam musik jazz - chords berbeda-beda. Oleh sebab itu jika anda melihat chords di atas berbeda dengan yang anda tahu artinya berbeda variasi atau berbeda versi. Pasalnya lagu jazz seringkali memiliki beberapa versi.

Semoga postingan ini bermanfaat.


NB:

Bagi yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis pada formulir kontak yang terletak di bagian bawah sebelah kiri. Partitur akan dikirim melalui email.

Sumber notasi : musescore.com