Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Joy Spring

Chord lagu Joy Spring dan not balok lagu Joy Spring yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Joy Spring adalah sebuah komposisi jazz tahun 1954 ditulis oleh Clifford Brown yang menjadi karya andalannya. Judul lagu itu merupakan nama panggilan (dia buat ) bagi istrinya yang bernama Emma LaRue Anderson (1933–2005), yang dia nikahi pada tanggal 26 Juni 1954 di Los Angeles.

Clifford Brown pertama kali merekam "Joy Spring" dalam sesi studio yang dipimpinnya pada 6 Agustus 1954, di Capitol Recording Studios, Los Angeles, dengan Harold Land (tenor sax), Richie Powell (piano), George Morrow (bass), dan Max Roach (drum).

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Joy Spring.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord joy spring lagu jazz standar


Lagu Joy Spring pada partitur di atas menggunakan nada dasar F, dengan birama 4/4. Lagu ini umumnya dimainkan dengan tempo sedang atau cepat. Tempo di atas merupakan tempo perkiraan saya setelah saya mendengar sebuah video lagu itu di youtube.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Joy Spring


Dalam lagu jazz biasanya memiliki beberapa versi. Oleh sebab itu jika mendengar lagu jazz yang berbeda dengan yang kita tahu artinya berbeda versi. Dalam musik jazz jika berbeda chords ( akor ), notasi dan lirik adalah hal yang biasa. Namun perbedaannya pada umumnya tidak banyak. Sebagai percobaan, buka 3 buah video di youtube dengan lagu yang sama. Kemungkinannya ada yang berbeda lirik, ada yang berbeda chords dan ada yang beda nilai notasinya – kira-kira begitu.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Bagi yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis pada formulir kontak.

Partitur akan dikirim melalui email.

Sumber notasi : musescore.com