Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Nature Boy

Chord lagu Nature Boy dan not balok lagu Nature Boy yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Nature Boy adalah lagu yang ditulis oleh Eden Ahbez pada tahun 1947. Lagu ini pertama kali direkam oleh penyanyi jazz Amerika Nat King Cole. Album ini dirilis pada 29 Maret 1948, sebagai single oleh Capitol Records, dan kemudian muncul di album, The Nat King Cole Story.

Cerita awalnya begini : Ketika Nat King Cole tampil pada tahun 1947 di Lincoln Theatre, Ahbez ingin mempersembahkan lagu itu kepadanya. Kemudian dia mendekati manajer Nat King Cole di belakang panggung sambil membawa salinan lagu Nature Boy, tetapi diabaikan oleh manajer itu. Dia meninggalkan salinan itu dengan pelayan Cole, dan darinya penyanyi itu mengetahui "Nature Boy". Setelah menerima penghargaan atas penampilan lagunya, Cole ingin merekamnya tetapi membutuhkan persetujuan dari penulis. Akhirnya, dia melacak Ahbez dan menemukannya.

Rekaman itu berlangsung pada 22 Agustus 1947, "Nature Boy" dirilis di tengah larangan Federasi Musisi Amerika (AFM) tahun 1948, tetapi menjadi sukses secara komersial, mencapai puncak tangga lagu Billboard dan menjual lebih dari satu juta kopi, membantu membangun karier solo sang artis.

Menerima pujian kritis juga, "Nature Boy" membantu memperkenalkan Cole kepada khalayak yang lebih luas, terutama “pasar musik putih”, dan menghasilkan royalti untuk Ahbez. Pada tahun 1999, lagu itu dianugerahi Penghargaan Grammy Hall of Fame. Namun, "Nature Boy" juga menjadi subjek tuntutan hukum, dengan komposer Yiddish Herman Yablokoff menyatakan bahwa itu dijiplak dari lagunya "Shvayg mayn harts" ("Hush My Heart"). Pada akhirnya, ahbez dan Yablokoff duduk di luar pengadilan.

Menyusul keberhasilan Cole dengan lagu itu, perusahaan rekaman saingan merilis versi sampul "Nature Boy" oleh artis lain seperti Frank Sinatra dan Sarah Vaughan, yang juga sukses. Itu akhirnya menjadi standar pop dan jazz, dengan banyak seniman menafsirkan lagu, termasuk Tony Bennett dan Lady Gaga, yang merekamnya untuk album kolaborasi jazz mereka.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Nature Boy.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord nature boy lagu jazz standar


Lagu Nature Boy pada partitur di atas menggunakan nada dasar F dengan birama 4/4. Lagu ini umumnya dimainkan dengan tempo lambat.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Nature Boy


Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Bagi yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis pada formulir kontak yang terletak di bagian bawah sebelah kiri. Partitur akan dikirim melalui email.

Sumber notasi : musescore.com