Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Summertime

Chord lagu Summertime dan not balok lagu Summertime yang diposting pada halaman ini disertai audio untuk mendengar melodi lagu tersebut. Namun sebelum itu saya akan cerita sedikit tentang lagu ini.

Lagu Summertime dibuat pada tahun 1934 oleh George Gershwin untuk Opera Porgy and Bess 1935. Liriknya ditulis oleh DuBose Heyward, penulis novel Porgy yang menjadi dasar opera.

George Gershwin mulai menyusun lagu pada bulan Desember 1933, berusaha menciptakan spiritual sendiri dalam gaya musik rakyat Afrika-Amerika pada masa itu. Gershwin telah menyelesaikan pengaturan puisi DuBose Heyward untuk musik pada Februari 1934, dan menghabiskan 20 bulan berikutnya menyelesaikan dan mengatur partitur untuk opera.

Versi film musikal tahun 1959 menampilkan Loulie Jean Norman yang menyanyikan lagu itu. Penampilan itu menduduki peringkat ke-52 dalam 100 Tahun - 100 Lagu survei lagu-lagu top AFI di bioskop Amerika.

Lagu Summertime begitu cepat terkenal pada saat itu dan menjadi salah satu lagu jazz standar yang banyak diminati oleh para penyanyi maupun musisi. Ada lebih dari 25.000 rekaman lagu Summertime.

Pada bulan September 1936, rekaman oleh Billie Holiday adalah yang pertama mencapai tangga lagu pop AS mencapai peringkat 12. Selain itu banyak versi yang lain yang juga menduduki peringkat 20 besar dalam tangga lagu pop.

Baiklah kita lihat notasi balok lagu Summertime.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord summertime lagu jazz standar


Lagu Summertime pada partitur di atas menggunakan nada dasar Eb ( E mol ), dengan birama 4/4. Lagu ini umumnya dimainkan dengan tempo lambat.

Bagi anda yang ingin mendengar (melodi) partitur di atas silakan klik link di bawah ini.

Lagu Summertime


Chords lagu Summertime di atas boleh diubah disesuaikan dengan kebutuhan aransemen. Perlu diketahui bahwa dalam Lagu jazz seringkali berbeda chords, notasi dan lirik ( berbeda sedikit ).

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Yang membutuhkan partitur di atas, silakan tulis pada formulir kontak.

Sumber notasi : musescore.com