Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Oh! Darling ( The Beatles )

Chord Lagu Oh! Darling ( The Beatles ) yang di-upload kali ini. Semoga chord ini dapat berguna terutama bagi yang sedang belajar chord dan lagu ini. Selanjutnya saya akan bahas sedikit terkait dengan lagu tersebut.

"Oh! Darling" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini digubah oleh Paul McCartney dan dikreditkan kepada kemitraan penulisan lagu John Lennon – Paul McCartney. Lagu ini termasuk dalam album studio mereka yang bertajuk Abbey Road, dirilis pada tahun 1969. Meskipun "Oh! Darling" tidak dikeluarkan sebagai single di Inggris atau Amerika Serikat, anak perusahaan regional Capitol berhasil mengeditnya sebagai single di Amerika Tengah, dengan "Maxwell's Silver Hammer" sebagai sisi-B-nya. Lagu ini juga dikeluarkan sebagai single di Portugal. Sementara Apple Records merilis "Oh! Darling" di Jepang dengan "Here Comes the Sun" Juni 1970.

McCartney pertama kali merekam demo "Oh! Darling" di Twickenham Studios pada 16 Januari 1969 selama sesi Let It Be tanpa kehadiran The Beatles lainnya, karena set Twickenham yang mereka gunakan sedang dibongkar karena mereka memindahkan sesi ke Apple Corps' headquarters. Setelah upaya awal lagu oleh band pada 27 Januari 1969, Lennon mengumumkan, "Baru saja mendengar bahwa perceraian Yoko Ono baru saja selesai", setelah itu dia dan band membuat versi improvisasi dari lagu tersebut, menggantikan "I'm free at last" untuk sebagian liriknya. Lagu dan improvisasi disertakan dalam CD Antologi 3. Versi ini juga menampilkan bagian keyboard yang dimainkan oleh Billy Preston.

"Oh! Darling" adalah lagu ritme dengan blues yang menggabungkan unsur-unsur doo-wop dan irama blues New Orleans yang dipopulerkan selama tahun 1950-an dan awal 1960-an oleh musisi seperti Fats Domino.

Pada tahun 1978, "Oh! Darling" dirilis di Sgt. Soundtrack Pepper's Lonely Hearts Club Band. Lagu ini juga dirilis sebagai single solo keempat Robin Gibb. Lagu ini mencapai nomor 15 di tangga lagu pop Billboard dan nomor 22 di Adult Contemporary Charts AS pada 7 Oktober 1978. Itu adalah single charting tertinggi Gibb di Amerika Serikat.

Lagu "Oh! Darling" adalah salah satu dari beberapa lagu di Abbey Road yang belum pernah dibawakan di atas panggung oleh McCartney atau anggota The Beatles lainnya hingga saat ini. Mungkin karena lagu ini agak sulit dinyanyikan terutama suara tingginya. Dalam wawancara tahun 1980 dengan Playboy, John Lennon berkata, "'Oh! Darling' adalah salah satu lagu Paul yang terbaik namun ia tidak menyanyikannya dengan baik. Saya selalu berpikir saya pasti dapat melakukannya lebih baik karena lagu itu lebih ke style saya daripada dia. Ia yang menulisnya, jadi apa peduli saya, ia yang menyanyikannya".

Baiklah kita lihat chord lagu Oh! Darling.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord oh darling - the beatles


Chord di atas sesuai dengan chord aslinya ( The Beatles ).

Semoga bermanfaat.


Tag.

Chord lagu Oh! Darling The Beatles, lirik lagu Oh! Darling The Beatles.