Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chord Lagu Here Comes the Sun ( The Beatles )

Chord Lagu Here Comes the Sun ( The Beatles ) yang di-upload kali ini. Semoga chord ini dapat berguna terutama bagi yang sedang belajar chord dan lagu ini. Selanjutnya saya akan bahas sedikit terkait dengan lagu tersebut.

"Here Comes the Sun" adalah sebuah lagu dari band rock Inggris The Beatles. Lagu ini digubah oleh George Harrison dan merupakan salah satu komposisinya yang paling terkenal. Lagu ini termasuk dalam album studio mereka yang bertajuk Abbey Road.

Abbey Road dirilis pada 26 September 1969 dengan "Here Comes the Sun" diurutkan sebagai lagu pertama di sisi dua LP. Seiring dengan "Something", yang dikeluarkan sebagai single dari album, lagu tersebut menetapkan Harrison sebagai komposer untuk menandingi Lennon dan McCartney. Menurut penulis Alan Clayson, dua komposisi Abbey Road milik Harrison menerima "sindikasi paling luas" dari semua trek di album, sebagian melalui jumlah versi sampul yang mereka tarik.

"Here Comes the Sun" telah menerima pujian dari kritikus musik. Dikombinasikan dengan kontribusinya yang lain untuk Abbey Road, "Something", itu diperoleh Harrison tingkat pengakuan sebagai penulis lagu yang sebelumnya disediakan untuk rekan bandnya John Lennon dan Paul McCartney. Selain itu "Here Comes the Sun" adalah lagu yang digunakan untuk mempromosikan ulang tahun ke-50 dari Abbey Road pada tahun 2019. Lagu ini memuncak di nomor 3 di tangga lagu Billboard Hot Rock Songs Amerika Serikat ( AS ) pada waktu itu dan sejak itu telah disertifikasi platinum ganda untuk penjualan di Inggris sejak 2010. Pada tahun 2021 menjadi lagu Beatles yang paling banyak diputar di Spotify secara global.

Di Jepang, "Here Comes the Sun" dikeluarkan pada sebuah singel pada tahun 1970, sebagai sisi-B dari lagu Abbey Road milik McCartney "Oh! Darling". Pada tahun 1973, "Here Comes the Sun" dan "Something" dimasukkan dalam album ganda The Beatles 1967–1970, memberikan Harrison separuh kuota lagu yang mewakili Abbey Road di kompilasi. Pada tahun 1994, ketika BMI menerbitkan angka pemutaran radio AS, "Here Comes the Sun" tercatat telah diputar lebih dari 2 juta kali.

Setelah katalog The Beatles tersedia untuk diunduh di iTunes, "Here Comes the Sun" berada di nomor 64 di UK Singles Chart pada November 2010. Lagu ini kembali ke tangga lagu pada bulan April 2012, memuncak di nomor 58. Hit sepuluh besar pertama Beatles di tangga lagu Hot Rock Songs.

Pada akhir September 2019, itu adalah lagu Beatles yang paling banyak diputar di Inggris, dengan lebih dari 53 juta pemutaran, mengungguli "Let It Be" dengan 26 juta , dan lagu Beatles yang paling banyak diputar di Spotify secara global, dengan lebih dari 350 juta kali. Hingga saat itu, lagu tersebut merupakan lagu yang paling banyak diunduh dari Abbey Road. Penulis Official Charts Company Rob Copsey menggambarkan lagu tersebut sebagai "pokok dari semua playlist musim panas". Pada Agustus 2021, "Here Comes the Sun" masih menjadi lagu band yang paling banyak diputar di Spotify, dengan lebih dari 700 juta kali diputar.

"Here Comes the Sun" telah direkam oleh banyak artis, dengan versi sampul pertama muncul segera setelah rilis Abbey Road. Pada tahun 1970, Booker T. & the M.G.'s meng-cover lagu ini. Pada tahun yang sama penyanyi Inggris Paul Monday meng-cover lagu ini sebagai single. Pada bulan Mei 1971 versi Richie Havens dari lagu tersebut memuncak di nomor 16 di Billboard Hot 100 di Amerika Serikat, memberinya singel dengan peringkat tertinggi sepanjang kariernya.

Peter Tosh merekam lagu tersebut untuk mendukung kampanye Michael Manley dalam pemilihan umum Jamaika 1972. Pada tahun 1976, "Here Comes the Sun" di-cover oleh band rock Inggris Steve Harley & Cockney Rebel, dan dirilis sebagai singel utama dari album studio kelima mereka, Love's a Prima Donna. Dan banyak lagi yang cover lagu ini dalam album maupun konser.

Baiklah kita lihat chord lagu Here Comes the Sun.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord here comes the sun - the beatles


Chord di atas sesuai dengan chord aslinya ( The Beatles ).

Semoga bermanfaat.


Tag.

Chord lagu Here Comes the Sun The Beatles, lirik lagu Here Comes the Sun The Beatles.