Tangga Nada G ( Kunci Melodi G )

Tangga nada G ( kunci melodi G ) atau Scale G Major yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi, keyboard dan gitar, sehingga mudah dimengerti.

Di dalam paranada, nada dasar G diberi sebuah tanda  # (1 kres),  jika anda belum tahu tanda kres itu dan ingin tahu kenapa ada tanda kres ( # ) pada nada dasar G, silakan  baca postingan yang berjudul  Menghitung Tanda Kres  ( # ).

Kalau sudah tahu, silakan lihat gambar di bawah.


gambar tangga nada G not balok

Klik gambarnya untuk memperbesar.

Gambar di atas adalah tangga nada G ( kunci melodi G major ) atau do re mi fa sol la si do dari nada dasar G  ( solmisasi G ). Jika tidak ada tanda kres, maka tidak akan terdengar do re mi fa sol la si do karena akan ada satu not yang tidak tepat, yaitu not F.

Kita lihat notasi itu pada gambar piano


gambar tangga nada g piano


Pada alat musik piano terlihat bahwa not F menjadi F# agar terdengar do re mi fa sol la si do. Berikutnya coba lihat kunci melodi G major pada alat musik gitar.


gambar tangga nada g gitar


Notasi pada gitar mungkin tidak mudah dimengerti oleh yang bukan pemain gitar. Bagi anda yang belum mengerti, caranya begini:

Pertama,  harus tahu kunci melodi / tangga nada C (do re mi fa sol la si do )

Kedua, harus tahu kunci melodi G / tangga nada G ( do re mi fa sol la si do  ).

Selanjutnya gunakan tempat kunci melodi C pada kunci melodi G. Jadi mulainya dari root G atau not G = do,  bentuk menjadi do, re, mi, fa, sol, si, do. ( lihat gambar di atas ).

Lihat tempat kunci  melodi C lalu lihat tempat kunci melodi G. Maka pada not ke-7 (not  si) kunci melodi G tidak menempati tempat kunci melodi C. Suara not ke-7 itu ada pada posisi F#. Oleh sebab itu pada garis paranada ( posisi nada / garis )  F  diberi tanda satu kres ( satu kres ) agar kunci melodi G menjadi benar atau membentuk tangga nada G ( solmisasi ).

Mungkin penjelasan saya masih agak sulit dimengerti, karena gitar agak sulit untuk mempraktekkan tentang ini. Kalau dalam piano atau keyboard, kita tinggal pegang nada G lalu mainkan solmisasi maka pada nada F akan terdengar fals, dan harus naik 1/2 agar tidak fals. Selesai.

Tangga nada G atau nada dasar G menjadi pilihan yang baik untuk belajar musik karena hanya memiliki 1 kres. Kalau semakin banyak kres maka akan semakin banyak tuts hitam yang dipakai (pada piano). Biasanya yang belajar piano cenderung menyukai yang tidak menggunakan tuts hitam.

Berbeda dengan gitar, hal itu tidak menjadi masalah, karena gitar tidak mengenal tuts hitam. 

Terpenting dalam belajar musik adalah kesabaran dan jangan pernah menyerah.

Kesimpulannya,  bahwa pada nada dasar G not F harus naik 1/2. Ini yang harus diingat agar tidak salah saat membaca notasi balok.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Iklan Atas Artikel

Tengah

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel