Ibu Kita Kartini nada G (latihan baca not)

Postingan ini membahas tentang latihan membaca not balok lagu Ibu Kita Kartini nada dasar G. Dilengkapi gambar notasi dan video/audio untuk berlatih, sehingga menjadi lebih mudah.

Pada latihan kali ini, saya sengaja memilih lagu Ibu Kita Kartini, sebagai penghargaan  kepada Pahlawan Wanita Indonesia,  R.A. Kartini dan untuk mengenang jasa beliau.  Pada tanggal 21 April ini.

Lagu Ibu Kita Kartini diciptakan oleh komposer ternama yakni W.R. Soepratman.
Lagu tersebut bernada dasar C, itu yang saya lihat dari partitur orang lain,  tapi di sini saya menggunakan nada dasar G. Saya merubah nada dasar itu agar sesuai dengan postingan yang lalu yaitu tentang tangga nada G ( kunci melodi G ) atau scale G major.

Untuk tempo lagu ini, saya tidak tahu tempo aslinya. Jadi saya pilih tempo 60, tujuannya agar yang tidak punya metronom  bisa membaca notasi dengan menggunakan jarum panjang jam dinding.

Di bawah ini adalah notasinya,


gambar not balok G ibu kita kartini


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Pada gambar di atas ada melodi lagu dan chord dari lagu Ibu Kita Kartini.
Coba anda pelajari notasi lagu di atas, setelah anda bisa, coba anda mainkan dengan mengikuti musik pengiringnya ( dalam video bagian awal  ). Bar ke-1 sebagai pemandu untuk masuk lagu, dengarkan ada 4 ketuk, Setelah itu masuk ke notasi lagu.
Bagi anda yang belum bisa membaca, sebaiknya buka postingan yang berjudul Nada Dasar G, Tempo, Nilai Not dan Tanda Diam. 3 judul postingan ini mungkin bisa sebagai penunjang untuk membaca notasi di atas. Ketiga postingan itu ada pada kategori Teori Musik yang ada di samping kiri.

Jika anda ingin tahu sudah betul atau belum memainkan notasi di atas. Silakan anda bandingkan dengan video bagian ke-2.




 
Cara belajar melodi lagu dengan menggunakan musik pengiring seperti ini sangat bagus, karena pada nantinya pemusik itu akan bermain dengan orang lain ( kecuali jika memilih solo ). Dengan menggunakan musik pengiring secara otomatis "feeling" akan terlatih. Pada gilirannya anda akan tahu kapan harus masuk dan kapan harus diam. Saya sarankan anda berlatih dengan menggunakan  musik pengiring, selain untuk mengembangkan "feeling" ( rasa ), dengan menggunakan musik pengiring akan terdengar lebih enak. Dalam  istilah yang populer,  musik pengiring ini bisa disebut backing track, karaoke atau minus one. Di bawah ini judul lagu yang ada backing tracknya yang pernah saya buat dengan sederhana. Walaupun sederhana tapi bisa untuk mengembangkan keterampilan anda dalam bermain melodi. Silakan klik judul yang anda suka.

Backing Track 1 O Ina Ni Keke


Backing Track 2 Bungong Jeumpa

Backing Track 3 Bubuy Bulan,

Backing Track 4 Indonesia Pusaka

Backing Track 5 Garuda Pancasila


Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:
Jika ada link ( tautan ) yang tidak aktif, tolong beritahu di kotak komentar agar saya dapat perbaiki link itu secepat mungkin. Terima kasih.
updated Agustus 2020.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel