Triads Chords

Chords Triad atau akor triad yang akan dibahas (dalam alat musik gitar). Triads  chords adalah akor dasar yang memiliki 3 not. Akor yang termasuk kelompok ini adalah major, minor, augmented (+), dan diminished (b5) biasanya pakai tanda bulat ( o ) atau kadang ditulis dim.

Sebenarnya ada beberapa  akor lagi yang memiliki 3 not, misalnya sus 2 dan sus 4 tapi kedua akor ini tidak dikelompokkan pada triads chords.

Sebaiknya akor triads ini dihapalkan jika anda ingin belajar akor, karena dengan tahu triads chords maka akan lebih mudah untuk mempelajari akor yang lain.


Triads chords dalam nada dasar C, sebelumnya perhatikan dulu notasi persamaan di bawah ini.

C D E F G A B C = Do, re, mi, fa, sol, la, si, do = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7,8

Major Triad  ( 1, 3, 5 ) umumnya ditulis dengan C, CM, Cmaj, dan Cma

Minor Triad  ( 1, b3, 5 ) umumnya ditulis Cm, Cmin, dan Cmi

Augmented  triad  ( 1, 3, 5# ) umumnya ditulis C+  atau Caug

Diminished  triad ( 1, b3, b5 )   umumnya ditulis Cdim atau Co (tanda bulat di atas)


gambar triads chords pada gitar


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Seperti yang pernah saya bahas pada postingan yang lalu bahwa  cara terbaik menghapalkan akor adalah dengan cara menghapalkan perubahan not-notnya. Untuk akor-akor  di atas cara menghapalnya begini  (  berpedoman pada Cmajor  C, E, G  )

Jika kita sudah tahu akor C lalu ingin hapal akor  Cminor,  maka yang harus  diingat adalah  E (mi)  turunkan 1/2 nada.  Jika ingin tahu akor C+ maka yang harus diingat adalah not G (sol) naik 1/2 nada.

Jika ingin tahu Cdim maka yang harus diingat adalah not E turun 1/2 dan not G turun  1/2 nada.

Menurut sejarahnya dahulu chords yang pertama kali ada atau diciptakan adalah chords triad ini. Kemudian berkembang menjadi banyak sekali seperti yang kita tahu sekarang.

Mungkin saat nanti akan muncul lagi chords yang baru, sehingga chords akan semakin bertambah dan bertambah.

Bagi anda yang sedang belajar chords keyboard / piano, anda bisa menerapkan chords di atas dengan melihat notasinya. Misalnya C = 1, 3, 5 artinya tekan not 1, 3, 5 ( Do, Mi, Sol ). Dalam bermain chords tidak harus berurutan cara pegangnya, sesuaikan dengan kenyamanan jari tangan dan aransemen musik.

Jika anda ingin tahu lebih tentang chords,  baca postingan di bawah ini.

Seventh Chords

Added Tone Chords

Altered Chords

Extended Chords

Suspended Chords

Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel