Extended Chords

Extended Chords adalah akor dominant, yang dasarnya dari dominant  7. Termasuk dalam kelompok ini adalah akor  dominant  9, 11, dan 13.

Yang paling menarik dari akor di atas adalah susunan notasi dari dominant 13, jika nada dasarnya C maka menjadi C13, secara teori  susunan notasinya begini : C, E, G, Bb, D, F, A (semuanya ada  7 not).  Kalau anda main keyboards, anda bisa mempraktekkan akor  C13. Kalau anda pemain gitar, bagaimana memainkan akor itu ?

Baiklah  saya akan bahas akor  C13 ini, notasinya  C, E, G, Bb, D, F, A. Jika kita lihat notasinya, 3 not awal C, E, G adalah akor  C major, Bb = dominant 7, D = dominant  9, F = dominant 11, A = dominant  13.  Secara teori susunannya C 13 menyertakan 7, 9, 11.

Bagi anda yang belum tahu D = dominant  9, F = dominant 11, A = dominant  13 silakan buka postingan yang berjudul Cara Menghapal  Chords  atau  Mengerti Chords.
Seperti yang pernah saya posting  bahwa untuk akor yang memiliki banyak not sebaiknya hilangkan sebagian notnya.  Di bawah ini adalah aturannya,

Jangan menghilangkan not dasar atau root not, yang dimaksud dengan not dasar adalah not akor itu, misalnya C13, maka not C jangan dihilangkan.
Jangan menghilangkan not pembentuk , yang dimaksud dengan not pembentuk adalah not yang bersangkutan dengan akor tersebut, misalnya C11 maka not 11 ( fa) jangan dihilangkan.
Untuk not-not yang lainnya boleh dihilangkan. Lihat contoh di bawah ini !

C13 = C, E, G, Bb, D, F, A.
C adalah not dasar  ( root not C )
Bb adalah not pembentuk  ( membentuk dominant  7 )
A adalah not pembentuk  ( membentuk dominant 13 )
Jadi ada 3 not yang tidak boleh hilang yaitu C, Bb,dan A.
Bb menjadi syarat  (tidak boleh dihilangkan) dalam Extended Chords , maksudnya dominant  9, 11 dan 13 tidak boleh menghilangkan not Bb

Dari notasi di atas, yang harus diprioritaskan adalah E dan G karena itu termasuk triad. Jadi jika anda mau membentuk C13, notasi yang harus dipilih adalah C, Bb, A, (wajib) dan E atau G. Kalau bisa kedua not itu  disertakan. Jika tidak bisa, pilih salah satu. Untuk not D pembentuk 9 dan not F pembentuk 11 diabaikan saja.

Baiklah sekarang saya akan terapkan akor-akor di atas pada gitar dengan nada dasar C.

Dominant ninth umumnya ditulis C9 notasinya C, E, G, Bb, D ( E dihilangkan )
Dominant eleventh  umumnya ditulis C11 notasinya  C, E, G, Bb, D, F ( D dan E dihilangkan )
Dominant thirteenth umumnya ditulis C13 notasinya  C, E, G, Bb, D, F, A ( D dan F dihilangkan )

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar akor extended


Sama seperti akor altered, akor extended ini juga sering digunakan pada musik jazz. Sementara pada musik pop agak jarang digunakan. Bagi anda yang suka main musik jazz tentu saja  sudah tahu akor ini, namun bagi anda yang akan belajar musik jazz sebaiknya hapalkan chords di atas, karena nantinya akan banyak dipakai. Mungkin hampir semua lagu jazz ada akor extended-nya.
Jika anda akan belajar musik jazz, saya sarankan anda melihat chords di youtube ( lihat tutorial ), karena chords jazz itu seringkali menggunakan Inversi Chords, Maksudnya cara pegang chords pada alat musik gitar diubah posisi notasinya.

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang chords / akor, silakan buka postingan di bawah ini,







Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.
Semoga postingan ini bermanfaat.



updated Juli 2020

Belum ada Komentar untuk "Extended Chords"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel