Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Altered Chords

Postingan ini membahas tentang altered chords / akor altered, dibahas dengan menggunakan gambar alat musik, sehingga mudah dimengerti.

Altered chords adalah akor yang sering digunakan dalam musik jazz. Dalam altered dominant mengacu pada not kelima atau G ( sol ) dan kesembilan atau D ( re ). Jadi 2 not ini yang dinaikkan 1/2 nada atau diturunkan 1/2 nada. Perlu anda ketahui bahwa altered ini juga sering menggunakan angka sebelas atau F ( fa ) dan tiga belas atau A ( la ).

Akor yang tergabung dalam dominant altered ini mungkin tidak seragam, tapi saya paling suka dengan versi Alfred Music, dimana mereka memberikan 8 pilihan dalam akor ini, di antaranya :


Dominant 7-5 = 7b5 notasi C, E, Gb, Bb ( 1, 3, b5, b7 )

Dominant 7+5 = 7#5 notasi C, E, G#, Bb ( 1, 3, #5, b7 )

Dominant 7-9 = 7b9 notasi C, E, G, Bb, Db ( 1, 3, 5, b7, b9 ) ; keterangan Db = b9

Dominant 7+9 = 7#9 notasi C, E, G, Bb, D# ( 1, 3, 5, b7, #9 ) ; keterangan D# = #9

Dominant 7-5-9 = 7b5b9 notasi C, E, Gb, Bb, Db ( 1, 3, b5, b7, b9 )

Dominant 7-5+9 = 7b5#9 notasi C, E, Gb, Bb, D# ( 1, 3, b5, b7, #9 )

Dominant 7+5+9 = 7#5#9 notasi C, E, G#, Bb, D# ( 1, 3, #5, b7, #9 )

Dominant 7+5-9 = 7#5b9 notasi C, E, G#, Bb, Db ( 1, 3, #5, b7, b9 )


gambar altered chords 1 pada gitar


gambar altered chords 2 pada gitar


Postingan ini terutama untuk tingkat lanjutan, namun bila anda baru belajar chords tidak ada salahnya mengerti chords ini. Seperti sudah dituliskan di atas bahwa chords altered ini sering digunakan pada musik jazz. Dalam musik pop jarang sekali menggunakan akor seperti ini. Sudah cukup terkenal bahwa chords altered ini identik dengan musik jazz. Mungkin sebagian besar lagu-lagu jazz menggunakan chords altered.

Bagi anda yang ingin belajar musik jazz, chords di atas perlu anda bisa. Saya menggunakan gambar gitar namun jika anda pemain keyboards, tinggal ikuti notasinya.

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang chords / akor, silakan buka postingan di bawah ini.

Triads Chords

Seventh Chords

Added Tone Chords

Extended Chords

Suspended Chords

Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak yang terletak di sebelah kiri agak bawah. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.