Seventh Chords

Postingan ini membahas tentang chord dominant 7 / akor 7, dibahas dengan menggunakan contoh gambar alat musik, sehingga mudah dimengerti.

Seventh Chords atau Akor 7 adalah akor yang memiliki 4 not. Sebenarnya akor  7 ini bersumber dari triads chords. Termasuk dalam seventh chords adalah

Dominant seventh umumnya ditulis C7 atau Cdom7 notasinya C, E, G, Bb

Major  seventh umumnya ditulis CM7 atau Cmaj7 notasinya C, E, G, B

Minor seventh umumnya ditulis Cm7 atau Cmin7 notasinya C, Eb, G, Bb

Minor major seventh umumnya ditulis  CmM7 atau Cmmaj7 notasinya C, Eb, G, B

Augmented seventh umumnya ditulis C+7 , Caug7, C7+5 atau C7#5 notasinya C, E, G#, Bb

Augmented major seventh umumnya ditulis C+M7, CM7+5, CM7#5 notasinya C, E, G#, B

Diminished seventh umumnya ditulis  Co 7 atau Cdim7 notasinya C, Eb, Gb, Bbb

Half-diminished seventh umumnya ditulis Cm7b5, notasinya C, Eb, Gb, Bb

Biasanya akor half-diminished ditulis seperti o tapi ada garis miring didalam bulatannya.

Sekarang saya akan menggunakan gambar gitar untuk  akor-akor di atas. Bagi anda yang menggunakan keyboards, saya pikir sudah cukup jelas, tinggal melihat not-not di atas.

Dominant seventh ( C7 atau Cdom7 ) notasinya C, E, G, Bb

Major  seventh ( CM7 atau Cmaj7 ) notasinya C, E, G, B

Minor seventh ( Cm7 atau Cmin7 ) notasinya C, Eb, G, Bb

Minor major seventh ( CmM7 atau Cmmaj7 ) notasinya C, Eb, G, B


gambar chord 7


Augmented seventh ( C+7, Caug7 , C7+5 atau C7#5 ) notasinya C, E, G#, Bb

Augmented major ( C+M7, CM7+5, CM7#5 ) notasinya C, E, G#, B

Diminished seventh ( Co 7 atau Cdim7 ) notasinya C, Eb, Gb, Bbb

Half-diminished seventh ( Cm7b5 ), notasinya C, Eb, Gb, Bb


gambar chord 7 bagian 2

Klik gambarnya untuk memperbesar.

Untuk menghapalkan akor dengan cepat, sebaiknya hapalkan perubahan not-notnya. Supaya lebih jelas lihat  postingan yang berjudul Cara Menghapal Chords.

Perhatikan  akor diminished seventh =  C, Eb, Gb, Bbb,

Ada not Bbb, itu adalah tanda turun 1/2 dua kali.

Dalam musik ada 2 macam double (ganda) yaitu double mol (bb) dan double kres (##).

bb (double mol) artinya turun 1/2 not lalu turun lagi 1/2 not = turun 1

## (double kres) artinya naik 1/2 not lalu naik lagi 1/2 not = naik 1

Sebenarnya postingan ini untuk tingkat lanjutan, namun bagi anda yang baru belajar chords tidak ada salahnya mengerti ini, dan kelak mungkin chords ini akan digunakan semuanya.

Hal penting dalam menghapal chords adalah hapalkan notasinya.

Contohnya begini, akor CmM7 = C minor major 7, caranya pegang dulu C lalu bikin minor yaitu kurangi 1/2 nada not Mi lalu untuk major 7 kurangi not Do 1/2 nada.

Contoh lain, Cm7b5 = C minor + 7 kurang 5. Awalnya pegang C lalu not Mi kurangi 1/2 nada jadi minor, lalu tambah 7 = not Do turun 1 dan kurang 5 = not Sol turun 1/2 nada.

Kira-kira begitu caranya, jika ada yang kurang jelas silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak yang terletak di bagian samping kiri bawah. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin. 

Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak chords, silakan buka postingan :

Triads Chords

Altered Chords

Extended Chords

Suspended Chords

Semoga postingan ini bermanfaat.



Tulisan di bawah hanya untuk menyiasati kesalhan crawling di google. Namun bisa juga sebagai referensi untuk anda.

Akor ketujuh adalah akor yang terdiri dari triads ditambah not yang membentuk interval ketujuh di atas akar akor. Jika tidak ditentukan lain, "akord ketujuh" biasanya berarti akord ketujuh yang dominan: triad mayor bersama dengan akord minor ketujuh. Namun, variasi ketujuh dapat ditambahkan ke berbagai triad, menghasilkan berbagai jenis akord ketujuh.

data ini diambil dari Wikipedia bahasa inggris dan diterjemahkan oleh google..

Pada awalnya penggunaan "ketujuh" diperkenalkan hanya sebagai nada hiasan atau non-chord. Ketujuh menggoyahkan triad, dan memungkinkan komposer untuk menekankan gerakan ke arah tertentu. Seiring waktu berlalu, dunia barat menjadi lebih terbiasa dengan disonansi, yang ketujuh dibiarkan menjadi bagian dari akor itu sendiri, dan dalam beberapa musik modern, khususnya jazz, hampir setiap akord adalah akord ketujuh. Selain itu, penerimaan umum atas temperamen yang sama selama abad ke-19 mengurangi disonansi dari beberapa bentuk ketujuh sebelumnya.

Belum ada Komentar untuk "Seventh Chords"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel