Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suspended Chords

Postingan ini membahas tentang suspended chords atau akor sus, dibahas dengan menggunakan contoh gambar alat musik, sehingga mudah untuk dimengerti.

Bagi anda yang belajar alat musik pengiring, misalnya gitar, keyboard dan lainnya, anda perlu tahu chords banyak. Bukan saja untuk mencari chords pada sebuah lagu tapi juga bisa dibuat sebagai variasi dalam aransemen musik. Suspended Chords ini termasuk chords yang jarang digunakan dalam musik pop. Jarang atau sering, tidak ada salahnya jika anda tahu. Paling tidak bisa untuk menambah perbendaharaan akor atau untuk memperluas wawasan anda dalam hal akor.

Suspended Chords adalah kelompok akor yang tidak memiliki not mi. Dalam kelompok ini ada 2 akor yang cukup terkenal yaitu suspended fourth ( sus 4 ) dan suspended second ( sus 2 ). Pada dasarnya suspended chords hanya memiliki 3 akor, sebagai berikut :

Dalam nada dasar C

Suspended fourth biasanya ditulis Csus4 notasinya C, F, G

Suspended second biasanya ditulis Csus2 notasinya C, D, G

Jazz sus biasanya ditulis C9sus4 notasinya C, F, G, Bb, D


gambar suspended chords pada gitar


Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang chords / akor, silakan buka postingan di bawah ini,

Triads Chords

Seventh Chords

Added Tone Chords

Altered Chords

Extended Chords

Mengenal chords ( akor ) menjadi hal penting bagi orang yang belajar musik pengiring, misalnya keyboard dan gitar. Oya, contoh di atas menggunakan gambar gitar. Bagi anda pemain keyboard, tinggal melihat notasinya. Keyboards dan gitar memiliki chords yang sama, bedanya hanya dalam bentuk tangannya saja. Misalnya pada keyboards chord C = C, E, G ( 1, 3, 5 ), pada alat musik gitar pun sama seperti itu yakni C, E, G ( 1, 3, 5 ).

Kalau ada yang kurang jelas mengenai chords di atas, silakan anda bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Suspended Chords"