Pedoman Chords Dasar Untuk Lagu

Membahas tentang Chords / Akor Dasar untuk mencari akor pada lagu. Cocok untuk orang yang baru belajar mencari akor lagu.

Bagi yang baru belajar gitar atau keyboards mencari chord sebuah lagu termasuk sulit. Namun jika sudah tahu chords dasar yang sering dipakai pada lagu maka tidak akan begitu sulit. Dengan kata lain sulitnya berkurang sedikit.

Bagi anda yang belum bisa  mencari  akor pada sebuah lagu, maka anda perlu tahu akor-akor  dasar, supaya  anda punya pedoman saat mencari akor.

Akor-akor yang sering digunakan memiliki susunan seperti di bawah ini,

Jika nada dasarnya  C adalah C – Dm – Em – F – G – Am
Jika nada dasarnya D adalah D – Em – F#m – G – A – Bm
Jika nada dasarnya G adalah G – Am – Bm – C – D – Em

Kalau kita perhatikan susunan di atas ( C – Dm – Em – F – G – Am ), itu adalah not do, re, mi fa, sol, la. Untuk not si (akor B ) sengaja tidak ditulis, karena jarang digunakan. Jadi semuanya ada 6 akor yang umum digunakan.

Jika anda ingin tahu akor nada dasar A, maka tinggal menaikkan  1 nada dari nada dasar G, (semua akor dinaikkan 1 nada ) dari susunan  (G – Am – Bm – C – D – Em ), naikkan 1 nada semuanya maka menjadi  (A – Bm – C#m – D – E – F#m ).

Agar anda tidak salah saat merubah/mengganti  nada  dasar,  maka harus tahu pedoman / aturan jarak nada. Lihat di bawah ini.

Jarak C – D adalah 1 nada
Jarak D – E adalah 1 nada
Jarak E – F adalah 1/2 nada
Jarak F – G adalah 1 nada
Jarak G – A adalah 1 nada
Jarak A – B adalah 1 nada
Jarak B – C adalah  1/2 nada

Jarak nada di atas adalah baku (permanen), jadi jika anda bermain pada nada dasar G lalu ingin diubah menjadi nada dasar Bb, maka anda tinggal menaikkan 11/2 (satu setengah) nada. Jangan lupa,   semua akor dinaikkannya.

Jika susunan akornya adalah G – Am – D – G, menjadi seperti di bawah ini

G naik 1 ½ nada menjadi Bb
Am naik 1 ½ nada menjadi Cm
D naik 1 ½ nada menjadi F

Hasilnya Bb – Cm – F – Bb.

Intinya jika mau mengganti nada dasar, jangan lupa pedoman jarak yang ditetapkan di atas  / aturan jarak nada.

Sekarang saya akan lanjutkan untuk akor penunjang (istilah saya) dari susunan nada C – Dm – Em – F – G – Am.  Akor  penunjangnya adalah

C penunjangnya C7
Dm penunjangnya D, D7,
Em penunjangnya E, E7
F penunjangnya Fm
G penunjangnya G7
Am penunjangnya A, A7

Banyak lagu yang menggunakan akor-akor di atas, misalnya lagu nostalgia, lagu anak-anak, lagu nasional, dan lain-lain. Jika anda sudah menguasai akor-akor di atas dan sudah tahu cara merubah nada dasar, artinya anda bisa memainkan ribuan lagu.

Jika anda mencari akor sebuah lagu, gunakan akor-akor di atas. Bila perlu coba satu per satu.  Tapi anda harus tahu suara yang cocok dengan yang tidak, dengan kata lain anda harus tahu yang fals/sumbang dengan yang tidak sumbang.

Susunan akor di atas merupakan akor yang umum dan semua orang yang belajar musik pasti belajar akor di atas. Saya pun belajar akor itu dan akor tersebut akan terus dipakai walaupun sudah tingkat mahir. Pasalnya susunan akor itu menjadi akor umum bagi semua lagu-lagu pop.

Postingan ini diperuntukkan terutama bagi yang baru belajar mencari akor sebuah lagu. Jika anda tertarik dengan akor untuk mencari lagu, tingkat lanjutannya ada pada link di bawah ini. Di sana diterangkan tentang mencari akor dengan feeling dan notasi.



Jika anda mencari chord sebuah lagu dengan nada dasar C maka gunakan chord C, Dm, Em, F, G, Am dan akor penunjang. Jika chord tersebut tidak cocok dengan lagu itu, artinya lagu itu bukan lagu yang mudah. Sebaiknya minta bantuan ke teman kamu atau bertanya di sini.
Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak jika diperkirakan banyak yang harus dijelaskan. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga anda menyukai postingan ini.



NB :
Bahasa Indonesia untuk chords adalah akor, namun istilah akor ini jarang digunakan.




updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel