Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bas Musik Bossa nova

Bas musik bossanova atau bas musik bossa nova yang dibahas sekarang, dilengkapi dengan gambar dan video sehingga mudah dimengerti.

Sebelumnya saya akan bahas sedikit kata bossanova. Penulisan yang betul bukan bossanova tapi bossa nova. Jadi ada 2 kata yang dipakai yakni bossa dan nova. Arti bossa nova adalah trend baru. Di Indonesia seringkali penulisannya disambung yaitu bossanova, padahal itu 2 kata yang terpisah.

Sebelum membahas Bas Musik Bossa Nova, saya akan bahas dulu sedikit akor/chords dari musik tersebut. Bagi orang yang belum tahu atau belum pernah main musik bossa nova mungkin akan menganggap bahwa akornya biasa-biasa saja. Perlu anda tahu bahwa bossa nova memiliki akor yang sama dengan musik jazz lainnya, dan bossa nova sendiri disebut jazz latin, jazz brazil, jazz samba. Kata teman saya, “akornya miring.” Saya sendiri tidak bisa mengungkapkan arti dari “miring”. Tapi jika anda ingin tahu maksudnya, coba anda mainkan akor C kemudian mainkan akor CM7. Itu yang disebut miring. C major terdengar biasa, CM7 terdengar “miring”.

Baiklah, kita masuk pada basnya, ada beberapa contoh variasi, lihat gambar di bawah.


variasi bas bossa nova 1


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Pada gambar di atas variasi bas hanya menggunakan not dasarnya. Ketika akornya C, maka semua variasi basnya adalah C (bar ke-1), bedanya hanya dalam nilai notnya. Begitu juga dengan bar-bar yang lain, semuanya menggunakan variasi berdasarkan akornya. Jika suatu saat anda bermain bas dan kebetulan teman anda memainkan musik bossa nova, maka gunakan saja bas di atas. Dengan kata lain bas sederhana di atas bisa digunakan jika anda tidak punya variasi yang lain.

Berikutnya, coba lihat variasi bas di bawah ini,


variasi bas bossa nova 2


Jika kita melihat gambar di atas, kemudian kita melihat gitar bas, maka akan terlihat bahwa variasinya menggunakan akor dasar ditambah akor di atasnya (yang lebih tinggi dari akor dasarnya). Bar ke-1 akor C dengan variasi G (bas di atas C), yang lainnya pun sama seperti bar ke-1 yakni menggunakan variasi bas di atasnya.

Saya akan gunakan bahasa lain ya, bas di atas menggunakan not ke-1 (do) sebagai nada dasarnya dan variasinya not ke-5 (sol). Jadi jika C = do variasinya G (sol), jika pindah ke D maka D = do variasinya A (sol), lalu jika basnya G = do variasinya D sebagai sol.

Berikutnya coba lihat gambar di bawah ini.


variasi bas bossa nova 3


Notasi di atas memiliki variasi sama dengan yang di atasnya, yaitu akor dasar = do dan variasinya sol, bedanya sol di sini adalah sol yang rendah. Jadi jika anda bermain gitar bas, variasinya tepat di atas nada dasarnya. Coba putar video bagian bawah untuk mendengar suaranya. Video bagian ke-1 bagian awal.

Sekarang coba anda pelajari notasi bas di bawah ini,


notasi bas bossa nova pada lagu


Notasi di atas adalah gabungan bas-bas yang ada di atas, dimainkan dalam sebuah bait lagu (verse), jika anda sudah bisa memainkan bas di atas, coba mainkan dengan cara mengikuti video di bagian bawah yakni video ke-2.

Pastikan alat musik anda dalam keadaan standar, jika belum, stem dulu. Jika anda sudah bisa tapi anda ragu, sudah betul atau tidak. Silakan klik video di bawah ini untuk membandingkannya. Video bagian ke-3 ( akhir ).



Contoh bas di atas merupakan contoh bas standar pada musik bossa nova - yang sering dipakai oleh banyak orang dan merupakan bas yang sederhana.

Jika suatu saat nanti anda bermain band dengan teman anda dan anda bermain bas, kemudian teman anda memainkan musik bossa nova sementara anda belum pernah bermain bas bossa nova. Jangan khawatir, gunakan variasi di atas.

Untuk membuktikan bas di atas cocok digunakan, silakan anda cari lagu bossa nova dan anda mainkan variasi bas seperti contoh di atas. Ikuti chords dari musik tersebut dengan variasi bas di atas.

Yang perlu anda perhatikan adalah tanda biramanya. Namun bossa nova itu tidak jauh dari 2/4 dan 4/4. Jarang sekali bossa nova biramanya 3/4.

Jika anda suka main bas, sebaiknya anda hapalkan bas-bas yang menjadi ciri khas setiap jenis musik. Saya telah memposting beberapa variasi bas dari jenis musik yang mudah dimainkan.

Baca juga bas yang lain, silakan klik.

Bas Musik Country

Bas Musik Rock and Roll

Bas Musik Pop

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Bagi anda yang belum bisa membaca notasi bas, sebaiknya membaca postingan berikut,

Clef Bas Gitar

Cara Membaca Not Bas

Nilai Not dan Tanda Diam

Tempo Musik