Bas Musik Rock and Roll

Belajar bas rock and roll cukup menyenangkan. Di sini ada contoh notasi bas dan juga audio untuk mendengar notasi bas  tersebut, sehingga  mudah dimengerti.

Bas rock and roll memiliki banyak variasi namun tidak sulit untuk dipelajari, karena musik rock and roll sendiri bukanlah musik yang sulit. Ciri khas dari musik rock and roll adalah memiliki tempo yang cukup cepat.  Karena temponya cukup cepat, maka musik ini boleh dibilang musik gembira, musik untuk berdansa pada jamannya / waktu itu.  

Sebelum masuk pada materi bas, saya bahas dulu sedikit tentang bar dan chords musik ini.
Musik rock and roll memiliki ciri khas (rock and roll baku) pada jumlah barnya yakni  ada 12 bar. Selain itu memiliki susunan akor yang baku juga, misalkan main pada nada dasar G maka akornya menjadi G7. Dalam musik rock and roll penggunaan  dominant 7 menjadi ciri khas. Susunan akornya  menjadi seperti di bawah ini.

G7 sebanyak 4 bar lalu pindah ke
C7 sebanyak 2 bar  lalu pindah lagi ke
G7 sebanyak 2 bar  lalu ke
D7  sebanyak 1 bar  lalu ke
C7 sebanyak 1 bar  lalu Ke
G7 sebanyak 1 bar lalu ke
D7 sebanyak 1 bar.
Jumlah seluruhnya adalah 12 bar. Ini salah satu versi dari akor baku rock and roll.

Selanjutnya saya akan bahas basnya. Ada banyak variasi bas dalam musik rock and roll, namun yang akan saya bahas sedikit  saja. Untuk lebih jelasnya lihat gambar notasi di bawah ini.


gambar notasi bas rock and roll 1

Gambar notasi di atas menunjukkan bahwa nada dasarnya adalah G, (karena ada tanda # di depan clef bas), bas mulai dimainkan pada bar ke-2.

Coba anda mainkan semua bas di atas dengan tempo 120 ( pakai metronom ), setelah anda bisa semuanya, coba mainkan dengan tempo 150. Bandingkan dengan video yang terletak  di bagian bawah. Jika suara bas yang anda mainkan sama dengan video di bawah ini, artinya anda sudah betul  membaca notasi di atas.
Selanjutnya coba anda pelajari notasi di bawah ini.


gambar notasi bas rock and roll 2

Setelah anda mempelajari notasi di atas dan sudah bisa cara memainkannya, coba bandingkan suaranya dengan video di bagian bawah, jika suaranya sama artinya anda sudah betul.

Selanjutnya coba anda mainkan lagi dengan cara mengikuti video di bagian bawah.
Jika anda sudah betul memainkannya, maka akan terdengar enak, sebaliknya jika salah akan terdengar fals/sumbang atau terdengar balap antara musik dan bas anda. Untuk membandingkan dengarkan video di bawah ini.

Dalam video terdapat 4 bagian :
Bagian ke-1 berisi partitur notasi bas musik rock and roll ke-1 ( gambar paling atas ).
Bagian ke-2 berisi partitur notasi bas musik rock and roll ke-2
Bagian ke-3 berisi musik pengiring untuk bas musik rock and roll ke-2
Bagian ke-4 berisi musik pengiring dan bas ke-2 untuk membandingkan jika dimainkan.





Perlu anda tahu,  bas-bas  di atas bisa untuk melatih jari tangan ( latihan fingering ).
Jika anda ingin lebih tahu tentang variasi bas rock and roll, silakan buka postingan yang berjudul :
Bas Rock and Roll Part 2.

Bagi anda yang menyukai bas dan belum bisa membaca notasi bas, sebaiknya belajar membaca notasi. Hal ini penting untuk melihat aransemen bas pada sebuah lagu. Maksudnya melihat variasi-variasi bas pada sebuah lagu. Dari aransemen orang lain itu bisa dijadikan referensi untuk menambah keterampilan bermain bas. Silakan baca postingan dengan judul berikut,

Clef  Bas


Membaca Not Bas

Nilai Not dan Tanda Diam

Tempo Musik

Bagi anda yang tidak ingin belajar not balok namun ingin tahu bas rock and roll, gunakan saja pendengaran atau gunakan feeling. Saya secara pribadi lebih suka menggunakan feeling daripada menggunakan notasi. Tetapi mengerti notasi itu penting, jika suatu saat bermain dengan orang-orang yang "terpelajar" dalam hal musik. Mereka akan menggunakan not balok dan anda tidak akan bisa bermain jika tidak bisa membaca partitur not balok.

Jika ada yang kurang jelas dalam postingan ini, silakan  bertanya di kotak komentar atau  formulir kontak. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga postingan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel