Bas Musik Country

Bas gitar musik country yang dibahas kali ini, dilengkapi dengan gambar notasi dan video sehingga mudah di mengerti. Bagi anda yang belajar bas, silakan simak pembahasan ini.

Belajar bas musik country tidak begitu sulit, karena variasi bas musik country termasuk sederhana. Walaupun begitu, musik country memiliki cita rasa tersendiri. 
Bas musik country umumnya memiliki variasi  2 not atau 3 not dalam 1 akor. Pertama adalah not dasar ( root ), kedua adalah not  variasi. Contohnya begini, jika kita main  pada nada C maka variasinya adalah G. Saya gunakan istilah lain, jika basnya di C maka variasinya adalah nada ( bas ) yang ada di atas senar C (dalam gitar), yaitu G.  Untuk mempermudah pemahaman lihat gambar bas di bawah ini.


gambar notasi balok bas country 1

Gambar di atas menunjukkan bahwa bar ke-1 bas C variasinya G dan  bar ke-2 bas D variasinya A. Setiap not memiliki nilai 1/4. Variasinya mengambil not yang rendah dari C. Maksudnya bahwa not G itu yang berada di atas bas C. Juga not A di atas adalah bas A ( rendah ) yang berada di atas D.

Penggunaan not 1/4 adalah ciri khas dari bas country secara umum. Selain itu bas country memiliki variasi not 1/8. Biasanya not 1/8 ini digunakan  jika ada perpindahan ke nada di atasnya, misalnya nada C ke G. Variasinya menjadi C-E, G ( menuju nada lebih tinggi ), bisa juga digunakan jika ada perpindahan ke nada di bawahnya C-A, G ( menuju nada lebih rendah ).

Selanjutnya, silakan anda praktekkan notasi di bawah ini. Jangan lupa alat musiknya harus dalam keadaan standar, jika belum standar stem dulu.
Gunakan metronom, atur tempo 86.
Bagi anda yang belum punya metronom, gunakan ponsel android lalu download di Play Store, gratis.


gambar notasi balok bas country 2


Gambar di atas menunjukkan bahwa pada bar ke-1 tidak ada notasi, bas dimulai pada bar ke-2. 
Jika anda sudah merasa betul memainkan bas di atas, coba samakan dengan video di bagian bawah.
Jika sudah sama lanjutkan pada video berikutnya, namun jika belum sama, coba latih lagi hingga sama.

Setelah  bas anda sama, coba mainkan lagi, ikuti video di bawah ini. Bar ke-1 terdengar suara bas drum sebagai penuntun masuk bar ke-2.
Didalam video ada 2 bagian :
Bagian ke-1 untuk notasi di atas
Bagian ke-2 untuk dipraktekkan mengikuti musik pengiring.





Jika anda betul memainkannya akan terdengar harmoni atau enak didengar,  namun jika salah akan sebaliknya. Maksudnya akan terdengar fals atau balapan dengan musiknya.

Bagi anda yang baru belajar bas, jangan takut salah. Belajar musik itu pasti ada salahnya, bahkan pemusik yang sudah lumayan pun pasti melakukan kesalahan. Perbedaannya yang baru belajar itu kesalahannya banyak dan diketahui, kalau yang sudah lumayan ya sedikit dan kadang sulit diketahui kesalahannya jika didengar oleh pemusik biasa. Pasalnya pemain bas yang sudah lumayan atau mahir mungkin akan membuat variasi ketika dia melakukan kesalahan. Sama halnya dengan pemain melodi, kadangkala menggunakan teknik tertentu untuk menutupi kesalahan.

Kunci sukses belajar musik adalah harus banyak berlatih dan bertanya. Musisi-musisi terkenal dunia bisa hebat karena banyak berlatih. Bukan karena otaknya hebat atau tangannya lincah. Dalam dunia musik ada istilah bakat 1 % dan 99 % semangat ( dalam hal ini rajin berlatih ).

Bas musik country ini cocok untuk yang sedang belajar bas karena variasi basnya cukup sederhana. Bagi yang belum bisa membaca not balok, gunakan feeling saja. Saya yakin anda yang punya feeling pasti bisa mengikuti bas ini meskipun tidak mengerti not balok.

Jika anda ingin belajar notasi bas, silakan buka postingan berikut,

Clef Bas

Membaca Not Bas

Nilai Not dan Tanda Diam

Tempo Musik

Meskipun judul di atas tidak semuanya membahas tentang bas tetapi secara teori adalah sama. Dengan kata lain alat musik berbeda, tetapi teori  musik sama. Contoh jika anda telah mengerti teori musik tentang chords gitar, maka anda akan tahu chords pada keyboard.

Postingan ini saya tujukan bagi yang baru belajar bas atau sedang belajar bas tingkat dasar. Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.




updated Agustus 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel