Cara Membaca Not Bas

Cara membaca notasi bas yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga lebih mudah dimengerti.

Cara membaca not bas sebenarnya sama dengan membaca not alat musik lain ( bukan perkusi ), perbedaan hanya terdapat pada posisinya ( tempat di paranada ) dan clef-nya. Contohnya melodi gitar ( clef treble ) dengan bas gitar ( clef bas ) posisinya berbeda, bas lebih rendah 2 nada dari melodi ( clef treble ). Namun mengenai nilai not, tanda diam dan lainnya tidak beda alias sama.

Bagi anda yang belum tahu  membaca notasi bas dan ingin belajar membaca notasi bas, sebaiknya anda membaca dahulu postingan yang berjudul Tempo, Nilai Not dan Tanda Diam, dan Clef Bas  supaya anda lebih mudah mengerti bahasan ini. Ketiga postingan itu ada pada kategori Teori Musik dan Bas yang berada di samping kiri.

Bagi anda yang sudah tahu silakan praktekkan notasi di bawah ini.
Khusus bagi anda yang belum tahu tentang tempo saya bahas sedikit agar anda tidak bolak-balik membuka postingan.
Tempo adalah cepat / lambatnya sebuah musik atau lagu. Tempo dihitung dalam hitungan menit. Contoh, jika dalam sebuah lagu ada tulisan 72 (biasanya ditulis di atas lagu bagian pinggir). Artinya lagu itu memiliki 72 beat (ketukan)  dalam 1 menit, istilahnya 72 BPM ( Beat Per Minute ).
Andaikata lagu itu memiliki tempo 60, artinya dalam 1 menit  memiliki 60 ketukan. Dengan kata lain bahwa 1 ketuk itu berdurasi 1 detik. Jika anda sudah mengerti, silakan baca notasi di bawah.


gambar notasi balok bas 1

Keterangan :

Semua not di atas memiliki nilai 1/4.  Cara memainkannya cukup mudah. Tinggal lihat jarum jam dinding, setiap jarum jam panjang pindah ( 1 detik) maka not pun pindah. Selain notasi di atas ada tanda diam (istirahat) itu pun masing-masing bernilai 1 ketuk atau 1 detik. Jika ada 1 tanda diam artinya jangan dibunyikan selama 1 ketuk atau 1 detik.

Cara membacanya
Pada bar ke-1 biarkan 2 ketuk sebagai tanda diam kemudian bunyikan not C bernilai 1 ketuk dan not B (rendah dari C) bernilai 1 ketuk. Semua nilai not di atas sama.
Pada bar ke-1 bunyikan not D, A (rendah dari C), G (rendah dari C) lalu diam 1 ketuk.
Pada bar ke-3 bunyikan not C, D, E lalu diam 1 ketuk.
Pada bar ke-4 bunyikan not F, F#, G lalu diam 1 ketuk.
Pada bar ke-5 bunyikan not C, D, E, F.
Pada bar ke-6 bunyikan not G, G, A, A.
Pada bar ke-7 bunyikan not G, G, F, G
Pada bar ke-8 bunyikan not C kemudian istirahat 3 ketuk.

Coba anda pelajari notasi di atas dan mainkan. Jika sudah bisa, putar video di bagian bawah.
Jika bas yang anda mainkan sama dengan bas video itu, artinya sudah betul.

Selanjutnya coba mainkan bas di bawah ini.
Ada 2 jenis not pada gambar notasi ini, yakni not bernilai 1/4 dan 1/8. Not yang bernilai 1/8 memiliki garis ( bendera ) pada not-nya.
Dalam tempo 60 dan tanda sukat 4/4, not 1/4 bernilai 1 ketuk dan berdurasi 1 detik, not 1/8 bernilai 1/2  ketuk dan berdurasi 1/2 detik, not 1/16 bernilai 1/4 ketuk dan  berdurasi 1/4 detik.


gambar notasi balok bas 2


Mainkan notasi di atas sampai anda merasa bisa, setelah itu bandingkan dengan video di bawah ini, jika hasilnya sama, artinya betul.
Dalam video di bawah ini ada 2 bagian.
Bagian ke-1 untuk notasi paling atas
Bagian ke-2 untuk notasi lainnya.





Dalam belajar musik yang paling penting adalah latihan. Sepintar apapun seseorang jika tidak berlatih maka tidak akan bisa. Musik tidak hanya melibatkan otak ( kecerdasan ) tapi menggunakan perasaan dan fisiologi ( organ tubuh ). Dalam bermusik seringkali kita sudah tahu caranya tetapi tangan tidak bisa melakukannya. Itulah musik, tidak sekedar daya ingat dan feeling namun membutuhkan syaraf tangan yang terlatih atau organ tubuh lain yang terkait.
Saya bisa mengerti sebuah karya musik tapi tidak bisa memainkannya. Dalam musik, mengerti itu belum tentu bisa memainkan. Oleh sebab untuk bisa memainkan aransemen musik harus banyak berlatih, melatih otak, feeling dan syaraf tangan dan organ yang lain yang terhubung.

Jika ada hal yang kurang jelas, silakan anda bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.
Semoga postingan ini bermanfaat.


Saran :

Buka juga judul yang lain untuk pengetahuan tentang :

1. Bas Bossanova  (contoh bas bossa nova)

2. Bas Rock n Roll (contoh bas rock n Roll)

3. Bas Country (contoh bas country)



updated Agustus 2020



Postingan di bawah ini hanya untuk memperbaiki masalah crawling. Katanya blog harus di-update.

Apa itu Bass Clef?
Definisi kunci clef: Kunci bass adalah tempat nada rendah ditandai, nada di bawah C tengah pada piano. Instrumen bernada lebih dalam menggunakan kunci ini, seperti tuba dan trombon, saksofon bariton, cello, dan tentu saja gitar bass. Nada rendah, kuat, perkusi dari senar bass memainkan peran penting dalam musik. Instrumen ini memberikan fondasi, secara ritmis maupun harmonis. Sisa musik dan pemain lainnya berdiri di atas yayasan ini.

postingan ini berasal dari blog luar negeri dierjemahkan oleh google.

Kunci suara bas juga dikenal sebagai kunci F dan diberi label oleh bentuk berputar yang menyerupai badai yang mendekat pada peta cuaca. Ini sebenarnya adalah huruf F yang sangat bergaya, dan disertai dengan dua titik yang mengelilingi garis pada tongkat yang sesuai dengan nada F. (Secara historis, tanda kunci dapat ditempatkan di tempat lain pada tongkat untuk mengubah titik referensi dan dengan demikian himpunan dari catatan pada staf itu, tetapi alternatif itu telah mati, dan hari ini, kunci bas selalu menjadi kunci F - dan kunci G adalah kunci G.)

Jika ada bahasa yang tidak dimengerti jangan bertanya, karena blog ini bukan blog saya.

 
Cara Membaca Catatan Bass Clef
Cara membaca kunci bas: Jika garis dan spasi kunci bas memberi tahu kita not mana yang harus dimainkan pada gitar bass, kita harus menghafal not mana yang ditampilkan di mana. Ini tidak terlalu sulit, tetapi membutuhkan waktu dan upaya. Frasa kecil akan membantu Anda mengingat. Garis-garis pada kunci musik bas, dari bawah ke atas, mewakili not G, B, D, F dan A. Ingatlah “Good Boys Do Fine Always” dan Anda memiliki not tersebut. Spasi tersebut adalah A, C, E dan G, dan dapat dipanggil kembali dengan "All Cows Eat Grass."

Siapa tahu blog ini bermanfaat bagi anda, paling tidak bisa untuk wawasan musik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel