Clef Bas Gitar

Clef bas adalah tanda kunci bas untuk alat musik yang berbasis  bas. Contohnya gitar bas, cello, dan lain-lain. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan gitar.

Clef bas berbeda dengan clef-clef yang lain, sebagai contoh kita bandingkan clef bas dengan clef treble. Lihat gambar di bawah ini

Klik gambarnya jika ingin memperbesar gambar.



gambar contoh clef bas dan treble


Keterangan :
Tanda panah di atas menunjukkan tanda clef.
Clef bas  dan clef treble di atas memiliki kesamaan, yaitu bernada dasar  C dan memiliki perbedaan yaitu  tempatnya / posisinya.  Perbedaan itu dikarenakan  clef bas  lebih rendah 2 nada dari clef treble, contohnya jika pada clef treble posisi not C berada pada spasi ke-3 maka pada bas notnya terletak pada spasi ke-2. Jika pada clef treble not F pada garis ke-5  maka pada clef bas  not F berada pada garis ke-4  ( hanya sebagai perbandingan saja ).

Di sini yang akan saya bahas adalah clef bas pada bas gitar. Bagi anda yang belum tahu posisi not pada gitar bas, lihat gambar di bawah ini.


gambar nama bas gitar posisinya



Yang dipakai adalah 4 senar, sementara 2 senar di bawah tidak dipakai. Perlu anda tahu, bahwa gitar bas ada yang memiliki 5 senar, 6 senar dan yang lebih dari 6 senar pun ada namun yang  disebut standar  adalah yang 4 senar. Mungkin suatu saat nanti  yang disebut standar itu yang 5 senar. Pasalnya dunia musik selalu mengalami perubahan atau inovasi.
Pada dasarnya jika sudah mengerti bas, mau pakai yang 4 senar  atau yang 5 senar sama saja, hanya berbeda  tempat / posisinya. Jika  anda ingin lebih mengerti tentang bas 5 dan 6 senar silakan buka postingan yang berjudul Cara Stem Bas Gitar.

Pada gambar di atas tidak semua fret  ( ruas ) diberi not/nada. Untuk mengetahui / menghapalnya gunakan susunan seperti  di bawah ini,

C – C#(Db) - D – D#(Eb) - E – F – F#(Gb) - G – G#(Ab) - A – A# (Bb) - B – C


C ke D jaraknya 1 nada ( melewati 1 fret )
D ke E jaraknya  1 nada ( melewati 1 fret )
E ke F jaraknya 1/2 nada ( tidak melewati fret )
F ke G jaraknya 1 nada ( melewati 1 fret )
G ke A jaraknya 1 nada ( melewati 1 fret )
A ke B jaraknya 1 nada ( melewati 1 fret )
B ke C jaraknya 1/2 nada ( tidak melewati fret )


Tanda ”#“ artinya maju ( naik 1/2 nada), sedangkan tanda”b” artinya mundur  ( turun  1/2 nada ).
Jadi dalam 1 nada bisa punya 2 nama,  misalnya C# (dibaca C kres) disebut juga Db (dibaca D mol).

Cara mengetahui not lain, anda tinggal geser saja mengikuti susunan di atas. Misalnya anda tahu bas C tapi tidak tahu bas D, maka tinggal naikkan 1 nada, karena jarak C ke D adalah 1 nada (lihat pedoman di atas). Berikutnya misalnya anda tahu bas D tapi tidak tahu bas B, caranya tinggal turunkan 1 1/2 nada. Dengan kata lain anda tinggal menghitung.

Dalam musik jika  C ke D disebut naik 1 nada, karena melewati  1 fret yaitu fret C#, sedangkan dari E ke F disebut naik 1/2 karena tidak ada yang dilewati  ( bahasa sederhananya begitu).
Nada yang  punya nilai 1/2 nada atau jarak 1/2 nada adalah E ke F, dan B ke C. Oleh sebab itu didalam musik, kita tidak akan menemukan istilah E# atau B#.

Selanjutnya lihat penerapan dari notasi (clef bas) ke gitar bas.


gambar contoh notasi bas


Didalam gitar akan menjadi begini :


penerapan dalam notasi balok pada gitar



Senar  ke-6 (paling atas) adalah F, G, A itu sama dengan bar-1
Senar  ke-5 adalah C, D, E sama dengan bar ke-2
Senar  ke-4 sama dengan bar ke-3
Senar  ke- 3 sama dengan bar ke-4

Selain bentuk di atas, anda bisa juga menggunakan bentuk lain dengan menggunakan fret yang lain. Misalnya dengan menggunakan 1 senar untuk semua notasi di atas.

Jika anda sudah tahu cara menerapkan dari notasi ke gitar, lanjutannya adalah  Membaca Not Bas
( klik saja ).
Membaca notasi bas sama dengan membaca notasi yang lain, perbedaannya hanya pada posisinya saja. Jika anda tidak tahu tentang cara membaca notasi, anda bisa belajar dengan cara membuka postingan di samping kiri dalam kategori yang terkait.
Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:
Fret adalah bagian logam yang membentuk ruas pada gitar. Namun seringkali fret ini diartikan sebagai ruas pada gitar. Saya sendiri mengartikan fret bukan logamnya tapi ruasnya. Hal ini karena saya mengikuti banyak orang yang  mengartikan  fret sebagai ruas. Oleh sebab itu jangan terlalu dipusingkan dengan istilah. Terpenting anda mengerti yang dimaksud.
Jika ada yang belum jelas, silakan bertanya di kotak komentar, saya akan menjawab secepatnya.



updated Juli 2020

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel