Bas Musik Pop

Bas musik pop yang akan dibahas di sini adalah bas pop yang bertempo lambat. Cara memainkannya cukup dengan mengikuti  akornya saja atau diberi sedikit  variasi.

Bas pop dalam tempo lambat  jangan diberi banyak variasi, kalau diberi banyak variasi  bisa menghilangkan rasa dari lagu / musik itu.
Intinya bermain bas itu harus mengikuti lagu / musik yang dimainkan / dinyanyikan.  Misalnya lagu lambat / lembut atau orang sering menyebutnya “mellow”, untuk  lagu seperti itu, basnya harus mellow juga.
Baiklah, sekarang lihat chorus dari lagu sangat terkenal “My Heart Will Go On (Titanic theme) “.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi balok chorus titanic


Cara memainkan bas lagu di atas tidak harus banyak variasi. Anda cukup mengikuti chord dari lagu itu. Dengan mengikuti akornya saja sudah cukup. Namun seorang pemain bas pastinya tidak akan bermain hanya mengikuti akor saja. Kemungkinan akan diberi sedikit variasi.
Pemberian variasi bas tidak apa-apa, asalkan cocok dengan lagunya. Bahkan bisa saja kita menambahkan bas variasi dengan menggunakan unsur akor ( chord ).  Misalnya dari akor C pindah ke G, yang dimainkan bukan bas C lalu G, tetapi C ke B. Jadi bas G diganti oleh bas B. Bisa juga bas G diganti oleh D, bergantung pada lagu dan aransemennya.  Variasi seperti ini ada pada aturan slash chord. Banyak bas lagu-lagu tertentu menggunakan gaya slash chord.

Baiklah sekarang kita dengar video ke-1 di bawah ini.
Dalam video ada 2 bagian :

Bagian ke-1 adalah melodi dan ritem lagu My Heart Will Go On. Pada bagian ini anda bisa mencoba membuat bas sendiri dengan mengikuti video itu.

Bagian ke-2 adalah melodi, ritem dan bas yang sangat standar dari lagu lambat. Boleh dibilang bas ini adalah bas yang paling favorit.  Silakan putar videonya.





Hal yang perlu diperhatikan oleh orang yang baru belajar musik yakni jangan malu untuk mencontek dan jangan takut salah. Pasalnya semua pemusik hebat pun belajar musik dari mencontek dan mereka pun banyak melakukan kesalahan. Akhirnya mereka bisa mencipta / berkreasi dan menjadi musisi besar yang melegenda.

Jika anda ingin menjadi pemain bas yang handal, anda harus belajar jenis musik. Contohnya musik keroncong, beatnya seperti apa, kemudian basnya bagaimana. Dengarkan musik itu sampai anda mengerti inti dari musik itu.  Banyak jenis musik yang memiliki bas yang khas. Saya tidak akan menjelaskan, kepanjangan nantinya. Intinya pelajari jenis musik, pelajari variasi bas-nya.

Selain mendengar musik dari orang lain, sebaiknya anda mengerti teori musik seperti membaca notasi bas dan lainnya. Sebagai referensi anda bisa belajar dari postingan di bawah ini.

Clef Bas

Membaca Not Bas

Nilai Not dan Tanda Diam

Tempo Musik

2 postingan di atas Nilai Not dan Tanda diam serta Tempo Musik  tidak menceritakan bas, tetapi secara teori 2 postingan itu berguna untuk belajar bas. Pasalnya teori musiknya itu cenderung sama meskipun berbeda alat musik.

Postingan ini saya tujukan terutama bagi orang yang baru belajar bas. Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.
Semoga postingan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel