Cara Membaca Tab Gitar

Cara Membaca tab gitar atau tabulasi gitar dibahas kali ini. Dilengkapi dengan notasi lagu dan video / audio, sehingga mudah dipelajari dan dimengerti.

Saya berusaha membahas tentang cara membaca tab gitar ini dengan cukup detail, semoga anda yang membaca postingan ini, sungguh-sungguh mengerti. Lebih dari itu, diharapkan anda dapat mempraktekkannya dengan alat  musik. Oleh sebab itu silakan praktekkan tabulasi gitar di bawah ini. Jangan lupa stem alat musiknya ( stem standard ).


Klik gambarnya untuk memperbesar.

Angka 1 sampai 17 warna merah menunjukkan bar. Di atas angka merah ada notasi balok, fungsinya untuk melihat nilai not dan tanda diam.

Pada awalnya notasi di atas tidak ada temponya, lalu saya beri tempo 60 agar mudah membacanya. Seandainya anda tidak punya metronom, anda bisa pakai jarum panjang jam dinding. Tempo 60 artinya 60 ketuk per  menit. Jadi setiap ketuk berdurasi 1 detik. Tanda sukatnya 4/4, artinya dalam setiap bar ada 4 ketuk atau setiap bar berdurasi 4 detik.

Kita mulai baca,
Pada bar ke-1 ada angka 0 pada senar ke-3  artinya bunyikan senar ke-3 dengan cara senar dilepas, nilai notnya adalah 1 ketuk  ( durasi 1 detik ).  Setelah itu baca  bar ke-2.

Pada bar ke-2  ada angka 1 pada senar ke-2  artinya bunyikan senar fret ke-1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi  1 ½ detik.  Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-2, artinya bunyikan senar ke-2  dengan cara senar dilepas, nilai notnya berdurasi  1/2 detik.  Selanjutnya  ada angka 1 pada senar ke-2  artinya bunyikan senar  fret kesatu senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1 detik. Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar ke-1 dengan cara senar dilepas, nilai notnya berdurasi  1 detik.

Pada bar ke-3  ada angka 3 pada senar ke-2  artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1 ½ detik. Selanjutnya ada angka 1 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret  1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1/2 detik. Selanjutnya  ada angka 3 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-3, nilai notnya berdurasi 1 detik. Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar ke-1 dengan cara senar dilepas, nilai notnya  berdurasi 1/2 detik. Selanjutnya ada angka 3 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-2, nilai notnya 1/2  detik.

Pada bar ke-4 ada angka 1 pada senar ke-2  artinya bunyikan senar fret ke-1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi  1 ½ detik. Selanjutnya ada angka 1 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret  1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1/2 detik. Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar ke-1 dengan cara senar dilepas, nilai notnya berdurasi  1 detik. Selanjutnya ada angka 3 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-1, nilai notnya berdurasi  1 detik.


Jika anda sudah mengerti atau tahu cara membaca 4 bar di atas, maka bar-bar berikutnya anda pasti bisa.
Silakan anda  baca semua notasi di atas, jika anda sudah bisa, bandingkan dengan video di bawah ini. Jika melodinya sama artinya anda sudah bisa membaca dengan baik.



Tabulasi di atas merupakan tab yang mudah dan sederhana, untuk memperdalam tentang tab gitar, silakan anda baca postingan yang berjudul Simbol-Simbol Tab Gitar / Tabulasi.
Semoga anda mengerti.




NB:
Disarankan anda membaca :


Belum ada Komentar untuk "Cara Membaca Tab Gitar"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Tengah 2

Tengah

Iklan Bawah Artikel