Simbol-simbol TAB Gitar / Tabulasi

Membahas tentang simbol-simbol TAB Gitar ( tabulasi gitar ) / tanda pada Tab Gitar dan  cara membaca simbol disertai link video untuk memudahkan membaca simbol pada tab gitar.

Perlu diketahui bahwa simbol-simbol TAB gitar belum seragam dalam penulisannya. Oleh sebab itu jika ada perbedaan simbol TAB antara yang satu dengan yang lain harus dimaklumi. Maksudnya perbedaan yang bersumber dari website-website atau buku-buku. 

Sekarang lihat perbedaan dari 2 TAB di bawah ini.

Versi musescore


TAB di atas tidak ada tanda diam / tanda istirahat.
Kita bandingkan dengan TAB di bawah ini (penggalan lagu bohemian Rhapsody – Band Queen).



TAB di atas lengkap - ada nilai not dan tanda diam.

Asal tahu saja, bahwa TAB harus disertai nilai not dan tanda diam sehingga mudah untuk  dibaca. Jika tidak disertai nilai not dan tanda diam maka harus disertai audio atau notasi lain sebagai penunjang agar TAB itu bisa dibaca dengan benar.

Selanjutnya saya akan membahas simbol-simbol yang sering dipakai pada TAB.


Keterangan :

No.1 adalah bend atau bend up. Dalam TAB ditulis b, contoh  penulisan  11b12 ( misalnya senar kedua). Caranya tekan senar  fret ke-11 bunyikan lalu angkat senar itu hingga menghasilkan nada fret ke-12.  Jadi satu kali membunyikan menghasilkan 2 nada. Didalam TAB bend ini seringkali ditulis 1/2 untuk naik 1/2 nada dan full untuk naik 1 nada. Contohnya, penulisan 11b12 ditulis 11 lalu di atasnya diberi tanda lengkung dan angka 1/2 . Penjelasannya ada di Bending Up dan Release Pada Gitar ( silakan klik ).

No.2 adalah bend and release. Dalam TAB ditulis  11b12r11 misalnya atau 11 tanda lengkung di atasnya 1/2 lalu 11. Artinya tekan senar  fret 11 angkat senar sampai suaranya seperti nada di fret 12 lalu senar kembali ke bawah ke posisi asalnya. ( link penjelasan ada pada link no.1 ).

No.3 adalah pre-bend. Dalam tab ditulis pb. Simbolnya panah ke atas. Cara ini angkat dulu senarnya lalu bunyikan. Misalnya 11 full artinya angkat dulu senar  fret 11 lalu bunyikan dan suaranya menjadi nada fret 13. Penjelasan ada di sini Pre Bend dan Release Pada Gitar ( Silakan klik  )

No.4 adalah pre-bend and realease. Artinya angkat senar lalu bunyikan lalu turunkan (posisi normal). Simbolnya lihat tabel di atas. ( link penjelasan ada pada link no.3 ).

No.5 adalah hammer on ditulis h. penulisan 7h9. Ini adalah slur atau legato ke nada yang lebih tinggi. Caranya bunyikan nada di fret 7 di saat masih bunyi tekan fret 9. Intinya jangan sampai suara berhenti sebelum pindah ke nada berikutnya.  Dengan kata lain 1 kali membunyikan/petik, terdengar 2 nada. Penjelasan ada di sini Hammer On Pada Gitar

No. 6 adalah pull off ditulis p. Penulisan 7p5. Ini kebalikan dari hammer on. Bedanya menuju ke nada yang lebih rendah. Penjelasan ada di sini Pull Off Pada Gitar

No.7 adalah slide up. Contoh penulisan 7/9, artinya tekan fret 7 bunyikan lalu luncurkan jarimu ( 1 jari ) menuju fret 9. Jadi akan terdengar 3 suara. Yaitu fret 7, 8, 9. Jika ada penulisan /9 artinya luncurkan jarimu menuju fret 9, dimulai dari senar yang anda inginkan. Misalnya mulai fret 3, atau 4 , atau apa saja yang sejajar. Penjelasan ada di sini Slide Up dan Slide Down

No.8 adalah slide down. Penulisan 7\5. Caranya sama dengan slide up. Bedanya menuju nada yang rendah. Jika ada tanda \5 caranya sama seperti di atas, bedanya mulai dari fret tinggi. ( link penjelasan ada pada link no.7 ).

No.9 adalah vibrato. Penulisan lihat tabel. Caranya tekan dan bunyikan  senar, dalam keadaan tetap menekan senar  (bunyi) getarkan jari anda. Semoga anda mengerti yang saya maksud.  Cara ini bisa anda lihat di televisi  jika orang sedang main melodi. Hampir semua pemain melodi menggunakan tehnik ini. Saya tidak menyertakan link karena saya anggap anda sudah tahu.

No.10 Palm mute. Contoh penulisan x5 x5. Caranya tempelkan tangan kanan anda (bukan pemain kidal) pada bridge gitar (tempat senar) sampai bagian telapak tangan bagian samping anda menyentuh sedikit bagian senar yang akan dibunyikan. Setelah itu bunyikan, hasilnya suara tidak jernih seperti  senar dilepas atau senar ditekan, itu karena pengaruh dari sentuhan telapak tangan. Cara ini biasanya digunakan oleh pemusik rock saat melakukan ritem. Penjelasan ada  di sini Palm Mute Pada Gitar

No.11 adalah Tap. Caranya ketuk dengan keras  fret yang anda inginkan oleh telunjuk atau jari tengah atau jari apapun.  Singkatnya tap ini membunyikan senar dengan cara diketuk, bisa menggunakan tangan kanan atau kiri, atau keduanya. Banyak  orang berpikir bahwa tap itu menggunakan tangan kanan saja dan hanya menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Padahal tap itu bebas, anda boleh saja menggunakan 10 jari ( 5 jari kanan dan 5 jari kiri ). Penjelasan ada di sini  Tapping Pada Gitar

No.12  adalah Tremolo Picking, atau TR ( tr ). Caranya anda bunyikan 1 not  terus- menerus. Contoh, bunyikan not C sebanyak 4 kali dalam waktu 1/2 detik.  Gerakan picking (plektrum) dari atas ke bawah lalu dari bawah ke atas sampai 4 kali. Contoh 4 kali ini bukan yang baku, bisa saja 5 kali atau 6 kali, bergantung pada  kebutuhannya. Saya tidak menyertakan link karena saya anggap anda sudah tahu.

Not.13 adalah Upstroke. Penulisan lihat tabel. Caranya membunyikan senar mulai dari atas. Cara ini hal yang paling umum. Yang baru belajar gitar pastinya membunyikan senar dengan cara ini. Saya tidak menyertakan link karena saya anggap anda sudah tahu.

No.14 adalah Downstroke.  Penulisan lihat tabel. Caranya membunyikan senar mulai dari bawah. Saya tidak menyertakan link karena saya anggap anda sudah tahu.

No.15 adalah Artificial Harmonics. Contoh penulisan  AH. Caranya, pakai  jari tangan kanan (bukan kidal), jari telunjuk menyentuh senar (hanya disentuh, bukan ditekan) dan jari manis membunyikan (secara bersamaan gerakan jari telunjuk dan jari manis itu). Setelah itu cepat-cepat jauhkan jari anda dari senar. Jarak jari manis dengan telunjuk boleh 2 fret atau 3 fret, cari yang nyamannya. Cara terbaik untuk  trik ini, gunakan jarak 1 oktaf, karena jarak 1 oktaf ini yang paling nyaring suaranya. Contohnya senar 1 lepas, bunyikan fret 12 (pakai cara di atas). Senar 1 lepas adalah E dan fret 12 juga E, artinya 1 oktaf. Tapi mau pakai jarak yang bukan 1 oktaf pun bisa,  mungkin tidak senyaring jarak 1 oktaf. Anda bisa mencoba-coba sendiri. Penjelasannya di sini Artificial Harmonics Pada Gitar.

No.16 adalah Natural Harmonic. Penulisan NH. Caranya hampir sama dengan Artificial Harmonics, bedanya jari yang menyentuh senar adalah tangan kiri dan yang membunyikan adalah tangan kanan. Coba anda sentuh fret 12 senar 1 pakai tangan kiri , bunyikan pakai tangan kanan ( bersamaan dengan jari yang menyentuh). Lalu cepat lepaskan tangan kiri yang menyentuh senar itu. Bagi anda yang sudah bisa suaranya bakal nyaring. Tapi kalau belum bisa, suaranya tidak akan nyaring, mungkin seperti senar yang setengah ditekan, kurang bagus. Butuh sedikit latihan untuk mempelajari ini. Penjelasannya di sini Natural Harmonics Pada Gitar.

No.17 adalah Tapped Harmonics. Penulisan TH. Caranya mengetuk senar pada fret. Variasi yang umum adalah tekan senar lalu tap (ketuk senar) jaraknya 1 oktaf. Contohnya tekan fret pertama senar ke-1 (not F) pakai tangan kiri  lalu ketuk not F tinggi jarak 1 oktaf pakai tangan kanan. Dengan kata lain jarak senar ditekan  dengan senar diketuk adalah 1 oktaf. Penjelasannya di sini Tapped Harmonics Pada Gitar.

No.18 adalah Pinched Harmonics. Penulisannya pakai tanda segitiga. Caranya petik senar  pakai pick (pemetik) atau sering disebut  “plektrum”. Lalu sentuh oleh ibu jari yang memegang pick itu. Hasilnya, nada suaranya akan terdengar  lebih tinggi.

No.19 adalah Arpeggiate. Penulisan lihat tabel. Ini adalah bentuk chords yang cara memainkannya dibunyikan mulai dari bawah sampai ke atas dengan cepat. Penjelasan di sini Arpeggio Chords Pada Gitar.

Jika ada yang belum jelas, anda bisa melihat semua trik itu di youtube.  Simbol-simbol lain yang tidak saya posting, seperti tanda ulang, staccato dan lainnya, anda bisa melihat semua itu dalam postingan  saya pada Kategori Teori Musik.  Perlu anda tahu bahwa simbol-simbol dari not balok itu banyak digunakan juga pada TAB  gitar.

Semoga anda mengerti 



NB:
Sebenarnya simbol-simbol TAB masih banyak.
Baca juga postingan,

Cara Membuat Tab Gitar



Belum ada Komentar untuk "Simbol-simbol TAB Gitar / Tabulasi"

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan beri masukan supaya blog ini menjadi berguna bagi banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel